MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Cahyono, Novia Dwi (2017) MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Minat diartikan sebagai suatu rasa lebih suka dan ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Untuk mencapai tujuan, pihak sekolah pengurus ekstrakurikuler dituntut untuk dapat mengelola segala yang berkaitan dengan minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri 2 Playen di Kabupaten Gunungkidul. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri 2 Playen tahun ajaran 2015/2016. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas X , kelas XI dan kelas SBO yang berjumlah 88 siswa. Pemilihan sampel penelitian dilakukan teknik quota sampling. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Playen sebanyak 11 siswa (12,5%) memiliki minat ekstrakurikuler olahraga dengan kategori tinggi, sebanyak 77 (87,5%) memiliki minat ekstrakurikuler olahraga dengan kategori sangat tinggi, sebanyak 0 siswa (0%) memiliki minat ekstrakurikuler olahraga rendah, sebanyak 0 (0%) memiliki minat ekstrakurikuler olahraga sangat rendah. Secara keseluruhan dapat ditarik hasilnya bahwa survei minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Playen masuk dalam kategori sangat tinggi sebesar 87,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat, siswa SMA Negeri 2 Playen, ekstrakurikuler olahraga.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:26
Last Modified: 11 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54393

Actions (login required)

View Item View Item