EFEKTIVITAS TENDANGAN CHECKING YEOP CHAGI,DOLLYO CHAGI DAN IDAN DOLLYO CHAGI DALAM MEMBUKA SERANGAN PADA PERTANDINGAN TAEKWONDO KYORUGI KELAS SENIOR DI UPI CHALLENGE NATIONAL TAEKWONDO CHAMPIONSHIP TAHUN 2016

Rachmahani, Wulan (2017) EFEKTIVITAS TENDANGAN CHECKING YEOP CHAGI,DOLLYO CHAGI DAN IDAN DOLLYO CHAGI DALAM MEMBUKA SERANGAN PADA PERTANDINGAN TAEKWONDO KYORUGI KELAS SENIOR DI UPI CHALLENGE NATIONAL TAEKWONDO CHAMPIONSHIP TAHUN 2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WULAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tipe bertanding seorang atlet taekwondo seperti tipe atlet bertahan (counter) dan menyerang (attack). Kecenderungan atlet attack lebih diuntungkan. Strategi atlet dengan tipe attack ada beberapa tendangan yang digunakan sebagai serangan pembuka, diantaranya tendangan Checking Yeop Chagi, Dollyo Chagi, dan Idan Dollyo Chagi pada kelas senior. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mana yang lebih efektif antara tendangan Checking Yeop Chagi, Dollyo Chagi, dan Idan Dollyo Chagi dalam membuka serangan pada pertandingan Taekwondo kyorugi kelas senior di UPI Challenge National Taekwondo Championship. Penelitian merupakan penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan adalah semua peserta kelas senior di UPI Challenge National Taekwondo Championship yang berjumlah 143 atlet. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 atlet putra dan 40 atlet putri dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei dan pengamatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian poin tiga tendangan. Teknik analisis data dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tendangan Checking Yeop Chagi putra sebanyak 15,96% dan putri 10,28%, Dollyo Chagi putra sebanyak 20,11% dan putri sebanyak 13,74%, Idan Dollyo Chagi putra sebanyak 12,50% dan putri sebanyak 7,69%, dan teknik tendangan atlet taekwondo senior putra putri yang paling efektif digunakan adalah Dollyo Chagi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, checking yeop chagi, dollyo chagi, idan dollyo chagi, taekwondo
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:26
Last Modified: 11 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54391

Actions (login required)

View Item View Item