LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Dita Wulandari, Dita Wulandari (2017) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PLT_DITA WULANDARI_14102241031.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa guna mengembangakan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/ pendidik atau tenaga kependidikan. Seorang guru/pendidik harus memiliki kompetensi sebagai seorang guru. Kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Praktik Lapangan Terbimbing dilakukan mahasiswa di SPNF SKB Bantul Kabupaten Bantul. Pada PLT mahasiswa melakukan kegiatan mengajar dan nonmengajar. Kegiatan mengajar di SPNF SKB Bantul Kab. Bantul dilakukan di Program Kesetaraan Paket C kelas XII mata pelajaran Bahasa Indonesia, Program Kesetaraan Paket B kelas IX mata pelajaran Matematika dan kelas VIII mata pelajaran IPS, Mengajar di TK Prima Sanggar, Mengajar life skills membuat celengan di KB Prima Sanggar, Mengajar di TPA Prima Sanggar, Mendongeng (read aloud) di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Keliling, Parenting pelatihan pembuatan bento anak, mengajar pemasaran di program cooking class, dan Instruktur di program fun games. Sedangkan kegiatan nonmengajar yaitu observasi, menyusun proposal program, menyusun matriks program, konsultasi pembimbing lapangan, koordinasi kelompok, latihan upacara, persiapan pembuatan souvenir, persiapan pembuatan boneka tangan, pendampingan ekstrakurikuler melukis di TK Prima Sanggar, kegiatan apel, upacara bendera, pelatihan ISO, perbantuan UK Hantaran Pengantin, pendampingan TK, Kerja bakti, UK Tata Rias, monitoring dan evaluasi DPL UNY, pendampingan life skills KB Prima Sanggar; kolase, Serah terima jabatan kepala SPNF SKB Bantul, dan Senam TK. Hasil yang diperoleh dari melaksanakan PLT (Praktik Lapangan Terbimbing) di SPNF SKB Bantul Kab. Bantul adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, belajar melakukan persiapan sebelum mengajar, mampu mengatasi hambatan-hambatan yang ada pada saat melaksanakan kegiatan, mengetahui cara UK (Uji Kompetensi) Hantaran, Tata Rias, mengetahui pengelolaan TBM dan TBM Keliling, serta melatih bersosialisasi dengan semua pihak yang ada di SPNF SKB Bantul Kab. Bantul maupun masyarakat yang menjadi sasaran program PLT.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT UNY, SPNF SKB Bantul Kabupaten Bantul, 2017
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Dec 2017 08:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54388

Actions (login required)

View Item View Item