TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS X & XI TERHADAP USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SMA NEGERI 1 SEYEGAN

Aji Darmawan, Aditya Tito (2017) TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS X & XI TERHADAP USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SMA NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Aditya Tito Aji Darmawan_13601241141.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku hidup sehat siswa yang masih belum baik dan perilaku siswa yang tidak memanfaatkan Usaha Kesehatan Sekolah dengan sebaik mungkin, seperti menggunakan ruangan UKS tidak sesuai dengan kegunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pemahaman siswa kelas X dan XI terhadap Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMA Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan instrumen bentuk tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Seyegan sebanyak 457 siswa. Pengambilan sampel berjumlah 198 dari 14 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Seyegan terhadap Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah sedang yaitu sebesar 22, 50%. Hasil tersebut merupakan nilai rerata dari tingkat pemahaman siswa terhadap Usaha Kesehatan Sekolah. Tingkat pemahaman siswa terhadap Usaha Kesehatan Sekolah yang berkategori sangat tinggi sebesar 2%, tinggi sebesar 41%, sedang sebesar 40%, rendah sebesar 13%, sangat rendah sebesar 4%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, UKS, Siswa SMA.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:23
Last Modified: 11 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54382

Actions (login required)

View Item View Item