KONTRIBUSI IQ (INTELLIGENCE QUOTIENT) DAN EQ (EMOTIONAL QUOTIENT) TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS KHUSUS BAKAT ISTIMEWA OLAHRAGA SMA N 1 SLOGOHIMO’

Ardiantoko, Yoga (2017) KONTRIBUSI IQ (INTELLIGENCE QUOTIENT) DAN EQ (EMOTIONAL QUOTIENT) TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS KHUSUS BAKAT ISTIMEWA OLAHRAGA SMA N 1 SLOGOHIMO’. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilartar belakangi tentang Tingkat kecerdasan sangat mempengaruhi pemain dalam menerima, mempelajari dan memahami materimateri latihan yang diberikan. Semakin cerdas seorang pemain maka semakin mudah pula pemian dalam menerima dan memahami materi latihan yang diberikan, lebih-lebih saat pemain bermain sepakbola yang sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi IQ (Intelligence Quotient) dan EQ (Emotional Quotient) Terhadap Keterampilan Bermain Sepakbola Pada Siswa Kelas Khusus Bakat Istimewa Olahraga SMA N 1 Slogohimo. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei dengan teknik tes. Subjek penelitian yang digunakan adalah seluruh pemain sepakbola Kelas Khusus Bakat Istimewa Olahraga SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri, sejumlah 34 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah David Lee, Test kejuruan dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda dengan taraf signifikan 5%. Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 15. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi tingkat kecerdasan IQ (Intelligence Quotient) dan kecerdasan EQ (Emotional Quotient) pemain sepak bola terhadap keterampilan bermain sepakbola pada siswa Kelas Khusus Bakat Istimewa Olahraga SMA N 1 Slogohimo sebesar 1,7%. Tingkat kecerdasan intelektual memiliki kontribusi sebesar 0,96% dan tingkat kecerdasan emosional memiliki kontribusi sebesar 0,74%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual memiliki kontribusi yang lebih besar dibandingkan dengan lecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: IQ, EQ dan Keterampilan Bermain Sepakbola
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:23
Last Modified: 30 Jan 2019 15:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54380

Actions (login required)

View Item View Item