PELAKSANAAN PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH ( UKS ) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2017

Pratama, Erlanda Bayu (2017) PELAKSANAAN PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH ( UKS ) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
PELAKSANAAN PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH ( UKS ) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KECAMATAN SENT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberadaan usaha kesehatan sekolah (UKS) merupakan program pemerintah yang wajib ada dan dilaksanakan di sekolah dalam pelayan dan pendidikan kesehatan atau kebiasaan hidup sehat di sekolah dan diterapkan di lingkungan sekitar. Keterlaksanaan UKS secara optimal dapat membantu atau berperan penting dalam pelayanan dan pendidikan kesehatan di sekolah. Berdasarkan hasil observasi terhadap pembina dan pengelola UKS di 4 SMP Kecamatan Sentolo, menunjukan bahwa UKS belum terlaksana secara baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survei dan instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang terkumpul menggunakan deskriptif dengan persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Pembina dan Pelaksana UKS di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 26 guru. Semua anggota populasi dijadikan subjek penelitian, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Variabel dalam penelitian ini yaitu Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo tahun 2017 yang meliputi 1) kinerja tim pelaksana UKS, 2) pendidikan kesehatan, 3) pelayanan kesehatan, 4) lingkungan sekolah sehat. Hasil penelitian tentang Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun 2017 dapat disimpulkan kategori sangat baik 3,85%, kategori baik 30,77%, kategori cukup 34,61% dan kategori kurang 23,08%, serta kategori sangat kurang 7,69%. Rata-rata kriteria terbanyak berada pada kategori cukup.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Usaha Kesehatan Sekolah, Sekolah Menengah Pertama
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:23
Last Modified: 11 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54375

Actions (login required)

View Item View Item