LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Mohammad Sugiharto, Mohammad Sugiharto (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14804244012-MUHAMMAD SUGIARTO-PE.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 15 September - 15 November 2017 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih dan meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran sekaligus praktik di sekolah. PLT bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PLT ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada semester ganjil tahun 2017 ini adalah SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Kelompok PLT di lokasi tersebut terdiri dari 9 mahasiswa/i, 3 orang Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2 orang Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 2 orang Program Studi Pendidikan Ekonomi, dan 2 orang Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 15 September – 15 Novemebr 2017, sebanyak 15 pertemuan di tiga kelas X jurusan Perbankan Syariah, Administrasi Perkantoran dan juga Pemasaran. Untuk minggu pertama digunakan untuk observasi kelas pada saat guru pembimbing mengajar. Berdasarkan hasil observasi diperoleh pengetahuan menegenai kondisi dan situasi siswa dan lingkungan kelas saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Ekonomi Bisnis. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, diskusi. Media yang digunakan adalah PPT, LCD, whiteboard, spidol, penghapus, dan alat pratikum. Pada salah satu pertemuan mahasiswa juga memberikan evaluasi mengenai materi yang diberikan sekaligus sebagai penilaian pembelajaran. Secara umum, program-program PLT yang telah direncanakan berjalan dengan baik akan tetapi dalam pelaksanaanya tetap ditemui hambatan-hambatan. Masih gaduhnya kelas saat suasana pembelajaran sehingga perlu adanya perhatian yang lebih kepada setiap siswa-siswi agar pembelajaran berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Ekonomi Bisnis, SMK Muhammadiyah 2 Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Dec 2017 07:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54371

Actions (login required)

View Item View Item