SURVEI TINGKAT KEMAMPUAN GROUNDSTROKES PERMAINAN MINI TENIS DALAM PENJAS SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI AMBARTAWANG 2 KABUPATEN MAGELANG

Prabowo, Firman Dwi (2017) SURVEI TINGKAT KEMAMPUAN GROUNDSTROKES PERMAINAN MINI TENIS DALAM PENJAS SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI AMBARTAWANG 2 KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Survei Tingkat Kemampuan Groundstrokes.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Teknik Groundstrokes merupakan teknik yang sangat penting dalam permainan mini tenis. Pemain akan berpeluang lebih besar meraih kemenangan apabila groundstrokes nya lebih baik, karena teknik groundstrokes adalah yang paling sering digunakan saat bermain mini tenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan groundstrokes permainan mini tenis dalam penjas siswa kelas IV dan V SD Negeri Ambartawang 2 kabupaten Magelang. Metode penelitian ini adalah survei dengan teknik pengumpulan data tes praktik. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dan V SD Negeri Ambartawang 2 yang berjumlah 60 siswa. Instrumen tes menggunakan tes kemampuan groundstrokes forehand dan groundstrokes backhand adalah instrumen penelitian Titis Mutmainah dengan validitas tes sebesar 0,83 dan reliabilitas tes sebear 0,9. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kemampuan groundstrokes permainan mini tenis dalam penjas siswa kelas IV dan V SD Negeri Ambartawang 2 kabupaten Magelang berkategori kurang. Secara rinci terdapat 4 siswa (6,7%) mendapat kategori kurang sekali, 18 (30%) mendapat kategori kurang, 15 siswa (25%) mendapat kategori sedang, 17 siswa (28,33%) mendapat kategori baik, 6 siswa (10%) mendapat kategori baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan groundstrokes permainan mini tenis dalam penjas siswa kelas IV dan V SD Negeri Ambartawang 2 Kabupaten Magelang berkategori kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Groundstrokes, Mini Tenis, Penjas
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 04:08
Last Modified: 30 Jan 2019 15:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54369

Actions (login required)

View Item View Item