FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN ATLETIK SISWA KELAS VII SMP N 3 SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2016/2017

Tri Yulian, Dede (2017) FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN ATLETIK SISWA KELAS VII SMP N 3 SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam kegiatan pembelajaran atletik seperti kurangnya ketertarikan siswa dan pasifnya siswa yang menyebabkan pembelajaran atletik menjadi kurang berhasil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung keberhasilan pembelajaran atletik siswa kelas VII SMP N 3 Sentolo kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode penelitian berupa survei. Pengumpulan data menggunakan angket modifikasi skala likert yang berisi pertanyaan dan lima alternatif jawaban yang dipilih oleh responden dengan cara memberi tanda chek mark (√). Subjek penelitian berjumlah 106 siswa kelas VII SMP N 3 Sentolo yang terbagi dalam 4 kelas. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan data yang telah terkumpul secara apa adanya. Hasil penelitian menunjukkan faktor internal siswa berkontribusi sebesar 46,25% dalam mendukung keberhasilan pembelajaran atletik. Hasil tersebut terdiri dari kontribusi indikator jasmani siswa sebesar 13,56% dan kontribusi indikator mental psikologis siswa sebesar 32,69%. Sedangkan faktor eksternal berkontribusi sebesar 53,75% yang terdiri dari kontribusi indikator alam fisik/lingkungan sebesar 9,73%, kontribusi indikator guru sebesar 20,47%, serta kontribusi indikator sarana dan prasarana pembelajaran sebesar 23,55%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: atletik, faktor-faktor pendukung, siswa, pembelajaran.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 04:08
Last Modified: 11 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54367

Actions (login required)

View Item View Item