PEMAHAMAN TUJUAN PENJAS OLEH GURU PENJAS DI SD NEGERI 03 BANDAR KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG

Musthofa, Aliffian (2017) PEMAHAMAN TUJUAN PENJAS OLEH GURU PENJAS DI SD NEGERI 03 BANDAR KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (37MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman guru penjas di SD Negeri Bandar 03 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang tentang tujuan penjas yang diatur dalam BSNP tahun 2006. Penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PJOK di SD Negeri Bandar 03 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Metode penelitian menggunakan survei. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai data penunjang. Instrument penelitian berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Untuk menganalisis data terdiri dari tiga alur, mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian pemahaman tujuan penjas oleh guru PJOK di SD Negeri Bandar 03 berdasarkan observasi guru mempunyai pemahaman yang cukup mumpuni, berdasarkan wawancara terhadap guru dapat memahami pertanyaan dari peneliti dan dapat menjelaskan dengan jelas, sedangkan berdasarkan dokumentasi didapatkan guru tidak menyiapkan RPP. Berdasarkan ketiga teknik pengumpulan data dapat disimpulkan pemahaman tujuan penjas oleh guru PJOK di SD Negeri Bandar 03 sudah baik dalam menerapkan tujuan penjas dalam setiap pembelajaran, akan tetapi dalam perencanaan pembelajaran guru belum membuat sendiri, sehingga kompetensi dasar yang ingin dicapai belum tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, tujuan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 04:08
Last Modified: 30 Jan 2019 15:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54360

Actions (login required)

View Item View Item