Mutawakkil, Iqbal (2017) ATENSI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PJOK SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
SKRIPSI IQBAL.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Atensi merupakan pemusatan seluruh aktivitas individu terhadap suatu objek yang berada di lingkungan sekitarnya dengan itu atensi menjadi hal penting dalam proses pembelajaran agar tercapainya suatu tujuan. Tanpa adanya atensi dan fokus maka proses transfer informasi dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana atensi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran PJOK di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah peserta didik dan guru pendidikan jasmani. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik tringulasi. Teknik analisis data meliputi data reduction, data display, data conclusion/verivication. Hasil penelitian menunjukan bahwa atensi peserta didik terpecah dalam mengikuti proses pembelajaran PJOK di SMP Negeri 15 Yogyakarta sehingga belum memusatkan atensinya pada guru serta materi yang diberikan. Faktor yang mempengaruhi atensi peserta didik menjadi teralihkan disebabkan oleh faktor lingkungan, guru, keterbatasan sarana prasarana, dan adanya berbagai rangsangan dari objek-objek disekitar yang membuat atensi peserta didik menjadi terganggu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peserta didik, atensi pembelajaran PJOK. |
Subjects: | Olahraga Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 28 Dec 2017 04:08 |
Last Modified: | 11 Mar 2019 02:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54358 |
Actions (login required)
View Item |