ATENSI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PJOK SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)

Mutawakkil, Iqbal (2017) ATENSI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PJOK SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IQBAL.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Atensi merupakan pemusatan seluruh aktivitas individu terhadap suatu objek yang berada di lingkungan sekitarnya dengan itu atensi menjadi hal penting dalam proses pembelajaran agar tercapainya suatu tujuan. Tanpa adanya atensi dan fokus maka proses transfer informasi dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana atensi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran PJOK di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah peserta didik dan guru pendidikan jasmani. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik tringulasi. Teknik analisis data meliputi data reduction, data display, data conclusion/verivication. Hasil penelitian menunjukan bahwa atensi peserta didik terpecah dalam mengikuti proses pembelajaran PJOK di SMP Negeri 15 Yogyakarta sehingga belum memusatkan atensinya pada guru serta materi yang diberikan. Faktor yang mempengaruhi atensi peserta didik menjadi teralihkan disebabkan oleh faktor lingkungan, guru, keterbatasan sarana prasarana, dan adanya berbagai rangsangan dari objek-objek disekitar yang membuat atensi peserta didik menjadi terganggu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peserta didik, atensi pembelajaran PJOK.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 04:08
Last Modified: 11 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54358

Actions (login required)

View Item View Item