LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Dinda Sabtiti Saraswati, Dinda Sabtiti Saraswati (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14401244021-DINDA SABTITI-PKnH.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 15 September - 15 November 2017 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PLT bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PLT ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang profesional. Slah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada semester ganjil tahun 2017 ini adalah SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Kelompok PLT di lokasi tersebut terdiri dari 9 mahasiswa, 2 Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, 3 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, dan 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 15 September – 15 Novemebr 2017, sebanyak 15 kali pertemuan di kelas X Administrasi Perkantoran (AP), X Pemasaran (PM), X Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), X Multimedia (MM), dan kelas X Perbankan Syariah (PS) dengan materi pokok Fungsi dan Peran Pancasila dalam kehidupan Berbangsa dan bernegara. Untuk minggu pertama digunakan untuk observasi kelas pada saat guru pembimbing mengajar. Berdasarkan hasil observasi diperoleh pengetahuan mengenai kondisi dan situasi siswa dan lingkungan kelas saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Materi yang diajarkan adalah Hakikat Bangsa dan Negara. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, praktik, dan diskusi. Media yang digunakan adalah PPT, LCD, whiteboard, spidol, penghapus, dan alat pratikum. Pada salah satu pertemuan mahasiswa juga memberikan evaluasi mengenai materi yang diberikan sekaligus sebagai nilai ulangan harian pertama siswa. Secara umum, program-program PLT yang telah direncanakan berjalan dengan baik akan tetapi dalam pelaksanaanya tetap ditemui hambatan-hambatan. Hambatan yang ditemui yaitu adanya siswa yang memiliki kebutuhan khusus dan harus diperhatikan lebih intensif agar dapat tetap mengikuti pembelajaran dikelas meskipun tidak setara dengan teman-temannya yang lain.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Pendidikan Kewarganegaraan, SMK Muhammadiyah 2 Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Dec 2017 06:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54355

Actions (login required)

View Item View Item