TINGKAT PEMAHAMAN MEMBER FITNESS TERHADAP FASE DAN PRINSIP-PRINSIP LATIHAN BEBAN DI CAKRA SPORT CLUB, HECIENDA DAN PESONA MERAPI

Margono, Panji (2017) TINGKAT PEMAHAMAN MEMBER FITNESS TERHADAP FASE DAN PRINSIP-PRINSIP LATIHAN BEBAN DI CAKRA SPORT CLUB, HECIENDA DAN PESONA MERAPI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi PDF - Panji Margono.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam melakukan aktivitas kehidupan. Karena, tanpa kesehatan manusia tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari. karna itu, kesehatan diperoleh dari perilaku hidup sehat, setidaknya melalui olahraga. Selain itu, orang melakukan olahraga di Fitness Center menjadi bagian dari gaya hidup. Akan tetapi, tidak sedikit masyarakat melakukan olahraga latihan beban tanpa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang konsep dasar latihan beban yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman member fitness terhadap fase dan prinsip-prinsip latihan beban. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi penelitian ini adalah member fitness yang masih aktif. Sampel penelitian ini adalah member fitness Cakra Sport Club, Hecienda dan Pesona Merapi yang berjumlah 60 responden, masing-masing 20 responden disetiap tempat Fitness. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis yang dinggunakan adalah analisis deskriptif yang hanya menggambarkan keadaan atau status fenomena. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan member fitness terhadap fase dan prinsip-prinsip latihan beban di Cakra Sport Club, Hecienda, dan Pesona Merapi adalah sedang dengan 26 responden atau 43,30%, rendah dengan 17 responen atau 28,3%, tinggi dengan 12 responden atau 20,0%, sangat tinggi dengan 4 responden atau 6,7%, dan sangat rendah dengan 1 responden atau 1,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fitness Center, fase latihan dan prinsip-prinsip latihan
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 04:08
Last Modified: 30 Jan 2019 15:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54354

Actions (login required)

View Item View Item