LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Agung Dwiyantoro, Agung Dwiyantoro (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PTI_14520241033_AGUNG DWIYANTORO.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa. Kompetensi yang diupayakan untuk dapat dikuasai mahasiswa yaitu sosial, pedagogik, professional, dan kepribadian. Kegiatan PLT diharapkan mampu memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa serta memberi peningkatan terhadap aspek lain seperti peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Secara umum pelaksanaan PLT meliputi empat tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyusunan laporan. Tahap persiapan yaitu kegiatan observasi kondisi sekolah yang dilakukan sebelum pelaksanaan PLT berlangsung. Tahapan pelaksanaan PLT diawali dengan pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Pelaksanaan kegiatan PLT di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dimulai dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 yang diisi dengan kegiatan observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing lapangan, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan materi ajar dan jobsheet praktikum, praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar kelas yang diampu yaitu kelas X RPL 1 dengan alokasi tatap muka kegiatan praktikum yaitu 9 jam pelajaran sedangkan alokasi tatap muka teori yaitu 2 jam pelajaran. Mata pelajaran yang diampu yaitu Praktik Desain Grafis dan Praktik Jaringan Dasar. Kegiatan evaluasi meliputi pemberian soal praktikum, pemberian post test, dan pembuatan tugas untuk siswa. Kegiatan pembelajaran berjalan lancar sesuai dengan target yang telah direncanakan dan dapat diselesaikan dengan baik. Praktik Lapangan Terbimbing menjadi sarana untuk melatih mahasiswa sebelum terjun ke lapangan kerja yang sesungguhnya. Melalui kegiatan ini, penulis memeroleh pengalaman dan keterampilan dalam mengatur dan mengelola kelas sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT UNY 2017, SMK Muhammadiyah 1 Bantul, RPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Dec 2017 04:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54342

Actions (login required)

View Item View Item