LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Brian Dwi Murdianto, Brian Dwi Murdianto (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PTI_14520241031_Brian Dwi Murdianto.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah praktik lapangan yang wajib ditempuh mahasiswa. Kompetensi yang diupayakan untuk dapat dikuasai mahasiswa yaitu sosial, pedagogik, professional, dan kepribadian. Kegiatan PLT diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama pengalaman mengajar, memeprluas wawasan, pelatihan, dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang tertentu, pengingkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Secara umum pelaksanaan PLT meliputi empat tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyusunan laporan. Tahap persiapan yaitu kegiatan observasi kondisi sekolah yang dilakukan sebelum pelaksanaan PLT. Tahapan pelaksanaan PLT meliputi pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Pelaksanaan kegiatan PLT di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dimulai dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 yang diisi dengan kegiatan observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing lapangan, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan materi ajar dan jobsheet praktikum, praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar kelas yang diampu yaitu kelas XI RPL 1 dan kelas XI RPL 2 dengan alokasi tatap muka kegiatan praktikum yaitu 8 jam pelajaran. Mata pelajaran yang diampu yaitu Praktik Pembuatan dan Pengelolaan Database, Praktik Pemrograman Web Dinamis, . Kegiatan evaluasi meliputi pemberian soal praktikum, pemberian post test, dan pembuatan tugas untuk siswa. Kegiatan pembelajan berjalan lancar sesuai dengan target yang telah direncanakan dan dapat diselesaikan dengan baik. Praktik Lapangan Terbimbing menjadi sarana untuk melatih mahasiswa sebelum terjun ke lapangan kerja yang sesungguhnya. Melalui kegiatan ini, penulis memperoleh pengalaman dan keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik serta menghasilkan output yang maksimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT UNY 2017, SMK Muhammadiyah 1 Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Dec 2017 04:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54341

Actions (login required)

View Item View Item