LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Isnainul Fahrizal, Isnainul Fahrizal (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PTI_ 14520244007_ Isnainul Fahrizal.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah salah satu mata kuliah lapangan yang wajib ditempuh mahasiswa S1 jurusan pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PLT bertujuan untuk mewujudkan kompetensi bagi mahasiswa terkait sosial, pedagogik, professional, dan kepribadian. Kompetensi tersebut diwujudkan melalui pemberian pengalaman belajar mengajar bagi mahasiswa untuk memperluas wawasan dalam bidangnya masing-masing, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah di lapangan. Pelaksanaan PLT secara umum terbagi menjadi empat tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyusunan laporan. Tahap persiapan terkait dengan observasi kondisi sekolah yang dilaksanakan pada bulan Maret dan April 2017 serta pembekalan pelaksanaan PLT. Tahap pelaksanaan meliputi penerjunan, praktik mengajar, dan kegiatan non-mengajar. Pelaksanaan PLT di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dimulasi dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 yang diisi dengan pembagian kelas dan guru pembimbing lapangan, observasi kegiatan pembelajaran di kelas, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan materi ajar (slide, modul dan jobsheet), praktik mengajar, evaluasi serta berbagai kegiatan non-mengajar seperti pendampingan dan pembimbingan lomba siswa, perawatan laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), dan lain-lain. Dalam praktik mengajar kelas yang diampu yaitu kelas XI RPL 1 dan kelas XI RPL 2 dengan alokasi 9 jam pelajaran untuk kegiatan pembelajaran praktik. Mata pelajaran yang diampu adalah Praktik Basis Data, Praktik Pemrograman Web Dinamis dan Praktik Pemrograman Desktop. Kegiatan evaluasi meliputi pengamatan proses kerja siswa, penilaian hasil praktikum siswa, pemberian tugas praktik dan formatif, serta ulangan harian. Kegiatan pembelajaran berjalan lancar sesuai dengan target yang telah direncanakan. Praktik Lapangan Terbimbing telah menjadi sarana untuk melatih kompetensi mahasiswa sebelum terjun ke lapangan kerja yang sesungguhnya. Melalui kegiatan ini, penulis telah memperoleh banyak pengalaman dan keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT UNY 2017, SMK Muhammadiyah 1 Bantul, RPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Dec 2017 04:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54339

Actions (login required)

View Item View Item