LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Widi Pradana Riswan Hermawan, Widi Pradana Riswan Hermawan (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PTELKA_14502241005_Widi Pradana Riswan Hermawan.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh bagi setiap mahasiswa S1 kependidikan yang dilaksanakan di sebuah institusi pendidikan dalam hal ini sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PLT) ini memiliki misi menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang profesional. Adapun tujuan dari PLT diantaranya menyiapkan dan membekali mahasiswa untuk memasuki realita dunia kependidikan dan masyarakat. Sebelum pelaksanaan Praktik Lapangan (PLT), mahasiswa diharuskan mempersiapkan diri dengan baik dari segi mental, fisik, maupun penguasaan materi dengan melakukan kegiatan pra-PLT. Adapun kegiatan pra-PLT yaitu Pembelajaran Mikro, Pembekalan PLT, Observasi Pembelajaran Kelas, Observasi Kondisi Sekolah, dan PersiapanMengajar. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul, tepatnya di Dusun Serayu, Desa Bantul, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul. Pelaksanaan kegiatan dimulai pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 dengan kegiatan praktik mengajar maupun nonmengajar. Kegiatan praktik mengajar yaitu Pembuatan RPP, Pembuatan Media Pembelajaran, Pelaksanaan Mengajar, Team Teaching, Evaluasi, Bimbingan dengan GPL ataupun DPL, Pembuatan Lembar Kerja Siswa, serta Mengoreksi Tugas Siswa. Kegiatan non- mengajar yaitu Upacara, Pendampingan Ekstrakulikuler, Pendampingan LKS, dan Penyusunan Laporan. Pada pelaksanaan kegiatan mengajar, kelas yang diampu adalah X TAV dengan mata pelajaran Elektronika Dasar, Teknik Listrik, Teknik Gambar, dan Teknik Pemrograman. Jumlah jam untuk tiap-tiap mata pelajaran tersebut adalah 9 jam pelajaran. Praktik mengajar dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari team teaching, praktik mengajar terbimbing, hingga praktik mengajar mandiri. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. Pengetahuan mengenai dunia pendidikan khususnya pembelajaran di sekolah bertambah setelah dilaksanakan kegiatan PLT. Keterampilan mengajar, mengatasi permasalahan di kelas menjadi penting pada saat pelaksanaan PLT. Pelaksanaan PLT mampu menghasilkan keluaran calon pendidik yang professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT UNY, Praktik Lapangan Terbimbing, Program Mengajar, Program Non Mengajar, SMK Muhammadiyah 1 Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Dec 2017 04:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54335

Actions (login required)

View Item View Item