HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DAN POWER LENGAN TERHADAP KETEPATAN PUKULAN FOREHAND DRIVE PESERTA EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA SMA N 1 TANJUNGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Dwi Saputro, Rony (2017) HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DAN POWER LENGAN TERHADAP KETEPATAN PUKULAN FOREHAND DRIVE PESERTA EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA SMA N 1 TANJUNGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
RONY DWI SAPUTRO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Koordinasi Mata Tangan dan Power Lengan sangat penting digunakan dalam permainan Tenis Meja akan tetapi belum diketahui secara nyata hubungan antara koordinasi mata tangan dan power lengan terhadap ketepatan pukulan forehand drive tenis meja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan koordinasi mata tangan dan power lengan terhadap ketepatan pukulan forehand drive peserta ekstrakurikuler tenis meja SMA N 1 Tanjungsari. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler tenis meja SMA N 1 Tanjungsari yang berjumlah 17 orang. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan terhadap ketepatan pukulan forehand drive pada peserta ekstrakurikuler tenis meja SMA N 1 Tanjungsari sebesar (-)0.507 > 0.456. (2) Ada hubungan yang signifikan antara power lengan terhadap ketepatan forehand drive pada peserta ekstrakurikuler tenis meja SMA N 1 Tanjungsari sebesar 0.477 > 0.456. (3) Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dan power lengan terhadap ketepatan pukulan forehand drive pada peserta ekstrakurikuler tenis meja SMA N 1 Tanjungsari sebesar 0.716 > 0.456. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dan power lengan terhadap ketepatan pukulan forehand drive peserta ekstrakurikuler tenis meja SMA N 1 Tanjungsari, karena nilai signifikasi lebih besar dibandingkan dengan nilai r tabel dengan n = 17 sebesar 0.456.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Koordinasi Mata Tangan, Power Lengan, Ketepatan Forehand Drive
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 04:05
Last Modified: 11 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54329

Actions (login required)

View Item View Item