KETEPATAN SERVIS BAWAH BOLAVOLI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PURING KEBUMEN

Wulanto, Novid (2017) KETEPATAN SERVIS BAWAH BOLAVOLI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PURING KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi jadi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ketepatan siswa dalam melakukan servis bawah sampai saat ini evaluasi belum pernah dilakukan pada siswa kelas VIII. Guru mata pelajaran Penjaskes menjelaskan bahwa siswa kelas VIII yang mengikuti kegiatan ektrakurikuler bolavoli memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan siswa kelas VIII yang tidak mengikuti kegiatan ektrakurikuler bolavoli. Meskipun demikian, hal tersebut tidak berarti siswa kelas VIII yang mengikuti kegiatan ektrakurikuler memiliki ketepatan yang baik dalam melakukan servis bawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketepatan servis bawah bolavoli siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Puring Kebumen tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggambarkan ketepatan servis bawah pada siswa putra-putri kelas VIII di SMP Negeri 1 Puring Kebumen tahun pelajaran 2016/2017. penelitian ini merupakan penelitian populasi, yaitu seluruh siswa kelas VIII SMA N 1 Puring yang mengikuti ekstrakulikuler sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes servis bawah AAHPER serving accuracy test 1969. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Servis bawah siswa putra putri Kelas VIII SMP Negeri 1 Puring yang tertinggi berada pada kategori “cukup” dengan persentase sebesar 32,0%. Sedangkan berdasarkan nilai rata-rata diperoleh 46,56%, servis bawah siswa putra dan putri kelas VIII SMP Negeri 1 Puring masuk dalam kategori “cukup”. Servis bawah siswa putra Kelas VIII SMP Negeri 1 Puring tertinggi berada pada kategori “cukup” persentase sebesar 47,0%. Sedangkan berdasarkan nilai rata-rata diperoleh 40,18%, servis bawah siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Puring masuk dalam kategori cukup. Servis bawah siswa putri Kelas VIII SMP Negeri 1 Puring tertinggi berada pada kategori “cukup” persentase sebesar 50,0% (4 siswa). Sedangkan berdasarkan nilai ratarata diperoleh 60.12%, servis bawah siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Puring masuk dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ketepatan, Servis bawah, bola voli
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 04:05
Last Modified: 11 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54323

Actions (login required)

View Item View Item