EFEKTIVITAS MANIPULASI “TOPURAK” UNTUK PENYEMBUHAN CEDERA SENDI LUTUT PASIEN LAB / KLINIK OLAHRAGA TERAPI DAN REHABILITASI FIK UNY

Fathur Rohim, Muhammad (2017) EFEKTIVITAS MANIPULASI “TOPURAK” UNTUK PENYEMBUHAN CEDERA SENDI LUTUT PASIEN LAB / KLINIK OLAHRAGA TERAPI DAN REHABILITASI FIK UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD FATHUR ROHIM 13603141004.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Cedera lutut yang ditandai dengan rasa myeri merupakan cedera yang cukup sering. WHO 2008 menyatakan bahwa penderita nyeri sendi sebanyak 151 juta jiwa di dunia, hal ini merupakan sebuah kondisi yang sangat umum dialami oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang banyak melakukan aktivitas fisik yang bertumpu pada lutut dan kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektivan manipulasi “Topurak” (totok, pukul, gerak) untuk penyembuhan cedera sendi lutut. Metode pre-experimental design dengan rancangan One Groups PretestPosttest Design digunakan dengan populasi pasien cedera sendi lutut di Lab/ Klinik Olahraga Terapi dan Rehabilitasi – FIK UNY, pada bulan Januari – April 2017 secara insidental dari 75 pasien yang ditangani selama penelitian diambil sebanyak 20 orang yang bersedia sebagai sampel. Setelah dilakukan pretest untuk menilai tanda radang dan fungsional lutut, diterapi dengan manipulasi Topurak sebanyak tiga kali dengan selang-seling hari, dan masing-masing terapi berdurasi 5 menit. Setelah perlakuan / terapi ke tiga dilakukan post test. Semua data dideskripsikan, dan dilanjutkan uji prasarat dengan uji beda antara pretest dan post test untuk mengetahui seberapa efektivitas manipulasi Topurak. Hasil uji normalitas menunjukkan adanya distribusi normal pada data lingkar lutut atas, lingkar lutut tengah, skala nyeri, skala duduk berdiri, dan skala naik tangga, serta distribusi tidak normal pada lingkar lutut bawah, fleksi, ekstensi, dan skala kemampuan jalan. Uji beda dua kelompok berpasangan sign test (non-parametrik). Hasil uji beda menunjukkan bahwa manipulasi Topurak efektif (p < 0,05) dalam menyembuhkan cedera sendi lutut yang ditunjukkan dengan menurunnya tanda radang, meningkatnya skala fungsi jalan, naik tangga dan duduk berdiri kecuali pembengkakan di lutut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: topurak, cedera sendi lutut
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 04:02
Last Modified: 30 Jan 2019 15:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54321

Actions (login required)

View Item View Item