PENGEMBANGAN WEBSITE PENILAIAN FORMATIF BERBASIS MOODLE PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA

Pratama, Imam (2017) PENGEMBANGAN WEBSITE PENILAIAN FORMATIF BERBASIS MOODLE PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi_Imam Pratama_13303241064.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) mengetahui langkah-langkah mengembangkan website penilaian formatif berbasis Moodle; (2) menentukan kualitas website penilaian formatif berbasis Moodle berdasarkann penilaian lima guru SMA/MA di Kota Yogyakarta dan peserta didik yang dikenai ujicoba. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahap pengembangan terdiri dari lima tahap, yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahap implementasi dilakukan secara terbatas kepada 10 peserta didik dari lima SMA/MA. Produk awal website penilaian formatifdinilai oleh ahli materi, ahli media, dan peer reviewer untuk memperoleh masukan/saran sebagai pertimbangan untuk melakukan revisi I. Produk Hasil revisi I kemudian dinilaikan kepada lima guru kimia SMA/MA sebagai reviewer dan 10 peserta didik sebagai target ujicoba. Hasil penilaian dari reviewer dan peserta didik kemudian dianalisis dan dilakukan revisi II berdasarkan masukan/saran yang diberikan reviewer dan peserta didik, sehingga diperoleh produk akhir. Hasil penelitian pengembangan ini berupa website penilaian formatifberbasis Moodle pada materi Stoikiometri untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Berdasarkan penilaian reviewer diperoleh skor rata-rata 129,4 sebesar dari skor maksimal 150 dengan persentase keidealan 86,7%, termasuk dalam kriteria Sangat Baik (SB). Berdasarkan penilaian dari 10 peserta didik yang dikenai ujicoba diperoleh skor rata-rata 97,9 dari skor maksimal 110 dengan persentase keidealan 89%, termasukdalam kriteria Sangat Baik (SB). Dengan demikian, website penilaian formatif berbasis Moodle layak digunakan sebagai sarana untuk melakukan penilaian terhadap peserta didik secara online dan sarana belajar peserta didik pada materi Stoikiometri kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 21 Dec 2017 03:46
Last Modified: 30 Jan 2019 15:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54320

Actions (login required)

View Item View Item