Purnawiyati, Isna Devis (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemandirian dan Disiplin Anak Usia 4-5 Tahun. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-isna-devis-purnawiyati-15717251007.swf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun; (2) pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap disiplin anak usia 4-5 tahun; (3) pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemandirian dan disiplin anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (Quasi experimental Research) dengan desain nonequivalent kontrol group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A TK Al Amien, Kasongan, Sleman, Yogakarta. Ukuran sampel penelitian sebanyak 28 anak ditentukan dengan cara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan uji univariat dan uji multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun dengan nilai sig sebesar 0,000, dengan kata lain sig<0.05; (2) terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap disiplin anak usia 4-5 tahun dengan nilai sig sebesar 0,000, dengan kata lain sig<0.05; (3) (1) terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun dengan nilai sig sebesar 0,000, dengan kata lain sig<0.05.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian, disiplin, model pembelajaran kontekstual |
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 21 Dec 2017 03:29 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54315 |
Actions (login required)
View Item |