Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemandirian dan Disiplin Anak Usia 4-5 Tahun.

Purnawiyati, Isna Devis (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemandirian dan Disiplin Anak Usia 4-5 Tahun. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-isna-devis-purnawiyati-15717251007.swf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun; (2) pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap disiplin anak usia 4-5 tahun; (3) pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemandirian dan disiplin anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (Quasi experimental Research) dengan desain nonequivalent kontrol group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A TK Al Amien, Kasongan, Sleman, Yogakarta. Ukuran sampel penelitian sebanyak 28 anak ditentukan dengan cara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan uji univariat dan uji multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun dengan nilai sig sebesar 0,000, dengan kata lain sig<0.05; (2) terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap disiplin anak usia 4-5 tahun dengan nilai sig sebesar 0,000, dengan kata lain sig<0.05; (3) (1) terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun dengan nilai sig sebesar 0,000, dengan kata lain sig<0.05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemandirian, disiplin, model pembelajaran kontekstual
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Dec 2017 03:29
Last Modified: 09 May 2019 08:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54315

Actions (login required)

View Item View Item