PENGARUH PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN PASSING BAWAH BOLA VOLI PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 3 GODEAN

Maulana, Rahmat (2017) PENGARUH PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN PASSING BAWAH BOLA VOLI PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 3 GODEAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
RAHMAT MAULANA 12601241037.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya variasi latihan dalam mengajarkan teknik passing bawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan menggunakan pendekatan bermain terhadap peningkatan passing bawah peserta ekstrakurikuler bola voli SMP Negeri 3 Godean. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment design atau eksperimen semu, dengan one group pretest and posttest design. Populasi dan sempel adalah seluruh peserta ekstrakurikuler bolavoliSMP Negeri 3 Godean yang berjumlah 12 peserta. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan passing bawah Depdiknas Usia 13-14 tahun (1999:7) dengan tingkat validitas 0,733 dan reliabilitas 0,758. teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji t (paired sampel t test). Hasilanalisis data menunjukanadanyapengaruhantaralatihanmenggunakanpendekatanbermainterhadapp eningkatanpassingbawahpesertaekstrakurikuler bola voli SMP Negeri 3 Godean. Hasiluji-t diperolehnilaithitung(5.429)> t(0,05) (2.145) dan P (0,000) < α (0,05), makaterdapatperbedaan yang signifikanpadatingkatkemampuanpassingbawah bola voli. Prosentasepeningkatantersebutsebesar22.55%. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpendekatanberminterhadappeni ngkatanpassingbawahpesertaekstrakurikuler bola voli SMP Negeri 3 Godean.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendekatanbermain, passing bawah, bola voli
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 04:02
Last Modified: 11 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54309

Actions (login required)

View Item View Item