PROFIL KONDISI FISIK ATLET UNIT KEGIATAN MAHASISWA PECAK SILAT UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA KATEGORI TANDING PADA PUTRA DAN PUTRI TAHYN 2016

Nurhidayah, Dewi (2017) PROFIL KONDISI FISIK ATLET UNIT KEGIATAN MAHASISWA PECAK SILAT UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA KATEGORI TANDING PADA PUTRA DAN PUTRI TAHYN 2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kondisi fisik atlet UKM Pencak Silat UNY kategori tanding pada putra dan putri belum diketahui. Tes kondisi fisik untuk setiap komponen kondisi fisik jarang bahkan belum pernah dilakukan, hal ini membuat pembebanan latihan yang diberikan pelatih kepada atlet kurang spesifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kondisi fisik atlet UKM Pencak Silat UNY kategori tanding pada putra dan putri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskariptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data tes dan pengukuran. Subjek dalam penelitian ini adalah altet UKM pencak Silat UNY kaategori tanding pada putra dan putri. Instrumen yang digunakan terdiri atas 9 item tes. Pemilihan item tes ini mengacu pada tes kondisi fisik atlet pencak silat dewasa kategori tanding yang dikembangkan oleh Cahniyo wijaya Kiswanto (2015) yaitu (1) fleksibilitas menggunakan side-split, (2) kecepatan menggunakan sprint 40 meter, (3) daya ledak lengan menggunakan push-up 30 detik, (4) kekuatan otot perut menggunakan sit-up selama 1 menit, (5) kekuatan otot punggung menggunakan back-up selama 1 menit, (6) daya ledak tungkai menggunaka standing triple jump, (7) kelincahan menggunakan shuttle run, (8) daya tahan anaerobik menggunakan sprint 300 meter, dan (9) daya tahan aerobik menggunakan bleep test.. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil analisis tes dengan menglasifikasikan hasil tes dengan norma yang ada, secara umum kondisi fisik atlet UKM Pencak Silat UNY tahun 2016 pada putra rata-rata 63 % dalam kategori baik, 25 % dalam kondisi cukup, dan 13 % dalam kondisi sangat baik. Kondisi fisik atlet UKM Pencak Silat UNY tahun 2016 pada putri rata-rata 75% dalam kategori baik dan 25% dalam kondisi cukup.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kondisi fisik, atlet tanding putra dan putri,, pencak silat
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 04:02
Last Modified: 30 Jan 2019 15:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54307

Actions (login required)

View Item View Item