PERBANDINGAN KAPASITAS VITAL PARU SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER FUTSAL DAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMA NEGERI Se-KABUPATEN PURBALINGGA

Jatmiko, Syaiful Dwi (2017) PERBANDINGAN KAPASITAS VITAL PARU SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER FUTSAL DAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMA NEGERI Se-KABUPATEN PURBALINGGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan ekstrakurikuler futsal dan ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri Se-Kabupaten Purbalingga. Kedua ekstrakurikuler tersebut mengandalkan kemampuan kapasitas vital paru karena merupakan permainan dengan tempo yang cepat dan pergerakan yang dinamis. Dengan karakteristik yang sama adakah perbedaan kapasitas vital paru yang signifikan dari kedua ekstrakurikuler tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan kapasitas vital paru siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal dan ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri SeKabupaten Purbalingga Jenis penelitian ini termasuk penelitian Deskriptif dengan metode survei. Subjek penelitian ini adalah siswa laki-laki yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal yang berjumlah 45 siswa dan ekstrakurikuler bola basket yang berjumlah 45 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes. Alat yang digunakan dalam tes adalah Spirometer air. Teknik analisis data menggunakan Uji t (Independent sample t test). Hasil penelitian ini diperoleh nilai t hitung (0,624) < t tabel (1,987), dan nilai p (0,534) > dari 0,05. Hasil tersebut dapat disimpulkan tidak ada perbedaan yang signifikansi antara tingkat kapasitas vital paru siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal dan ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri SeKabupaten Purbalingga.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas Vital Paru, Ekstrakurikuler, Futsal, Bola Basket
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 04:02
Last Modified: 30 Jan 2019 15:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54306

Actions (login required)

View Item View Item