PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PJOK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI PERKEMBANGAN TUBUH REMAJA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN

Devi, Riosha Yunita (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PJOK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI PERKEMBANGAN TUBUH REMAJA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
riosha yunita devi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

LKPD berperan penting dalam pembelajaran, namun banyak LKPD yang dianggap kurang efektif dan kurang dapat mengoptimalkan potensi peserta didik. Pendidik yang berperan menjadi fasilitator seharusnya berinisiatif mengembangkan LKPD. Namun pada kenyataannya para pendidik memilih untuk tidak menggunakan LKPD daripada mengembangkannya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) PJOK berbasis multiple intelligences pada materi perkembangan tubuh remaja untuk peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Banguntapan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang biasa disebut research and development (R & D) milik Borg & Gall dalam Sugiyono (2013). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Banguntapan. Validasi ahli dilakukan oleh Joko Purwanto, M.Pd dan Komarudin, M.A. Uji coba produk dilakukan di SMP Negeri 1 Banguntapan dengan jumlah peserta didik 27 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Instrumen dan teknik pengumpulan data dengan angket. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menyatakan produk yang dikembangkan layak dengan skor validasi ahli I, aspek kelayakan isi “Sangat Baik” (92%), aspek kesesuaian dengan MI “Sangat Baik” (95%), aspek didaktis “Baik” (80%), aspek konstruksi “Sangat Baik” (100%) dan aspek teknis “Sangat Baik” (100%). Sedangkan penilaian ahli II, aspek kelayakan isi “Sangat Baik” (91%), aspek kesesuaian MI “Sangat Baik” (91%), aspek didaktis “Sangat Baik” (87%), aspek konstruksi “Sangat Baik” (88%), dan aspek teknis “Sangat Baik” (82%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, peserta didik, multiple intelligences
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:59
Last Modified: 30 Jan 2019 15:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54303

Actions (login required)

View Item View Item