KEMAMPUAN PUKULAN SERVIS PANJANG, LOB DAN SMASH DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK TAHUN AJARAN 2016/2017

Putro, Ananto Rahmawan (2017) KEMAMPUAN PUKULAN SERVIS PANJANG, LOB DAN SMASH DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Ananto Rahmawan Putro_13601241131.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Muhammadiyah 2 Depok yang belum menguasai pukulan servis panjang, lob dan smash dengan benar. Kemampuan dasar pukulan servis panjang, lob dan smash di ekstrakurikuler bulutangkis SMP Muhammadiyah 2 Depok belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan pukulan servis panjang, lob dan smash dalam permainan bulutangkis di SMP Muhammadiyah 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Instrumen berupa tes dan pengukuran berupa Test Long Servis, Clear Test dan Test Smash. Subjek penelitian adalah ekstrakurikuer bulutangkis di SMP Muhammadiyah 2 Depok sebanyak 20 anak. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian 1) kemampuan pukulan servis panjang siswa SMP Muhammadiyah 2 Depok yang mengikuti Ekstrakurikuler Bulutangkis yang termasuk dalam kategori sangat baik sebanyak 1 anak atau sebesar 5%, kategori baik sebanyak 6 siswa atau sebesar 30%, kategori cukup sebanyak 7 siswa atau sebesar 35%, kategori kurang sebanyak 4 siswa atau sebesar 20%, dan kategori sangat kurang sebanyak 2 siswa atau sebesar 10%. 2) Kemampuan pukulan lob siswa SMP Muhammadiyah 2 Depok yang mengikuti Ekstrakurikuler Bulutangkis yang termasuk dalam kategori sangat baik sebanyak 2 anak atau sebesar 10%, kategori baik sebanyak 3 siswa atau sebesar 15%, kategori cukup sebanyak 11 siswa atau sebesar 55%, kategori kurang sebanyak 3 siswa atau sebesar 15%, dan kategori sangat kurang sebanyak 1 siswa atau sebesar 5%. 3) Kemampuan pukulan smash siswa SMP Muhammadiyah 2 Depok yang mengikuti Ekstrakurikuler Bulutangkis yang termasuk dalam kategori sangat baik sebanyak 1 anak atau sebesar 5%, kategori baik sebanyak 5 siswa atau sebesar 25%, kategori cukup sebanyak 6 siswa atau sebesar 30%, kategori kurang sebanyak 8 siswa atau sebesar 40%, dan kategori sangat kurang sebanyak 0 siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Servis Panjang, Lob, Smash, Ekstrakurikuler Bulutangkis
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:59
Last Modified: 30 Jan 2019 15:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54299

Actions (login required)

View Item View Item