PENGEMBANGAN M MEDIA VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR BOLA TANGAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Utama, Yoga (2017) PENGEMBANGAN M MEDIA VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR BOLA TANGAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya sumber belajar siswa serta berkembangannya olahraga bola tangan dikalangan SMA, khususnya SMAN 1 Imogiri adalah suatu alasan melakukan penelitian pengembangan. Metode dalam penelitian ini yang digunakan adalah Research and Development. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video tutorial gerak dasar bola tangan dengan baik dan benar sehingga dapat membantu siswa dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data presentase dan metode pengambilan data menggunakan angket. Langkah-langkah penelitian ini yaitu (1) Pendahuluan; (2) Pengembangan produk awal; (3) Validasi produk; (4) revisi produk; (5) Tahap ujicoba pemakaian; (6) Revisi Produk (7) produksi akhir. Peneliti mengambil 7 dari 10 langkah pengembangan menurut Borg and Gall di karyanya tahun 1983. Penilaian kelayakan video tutorial teknik dasar bola tangan untuk siswa SMAN 1 Imogiri dilihat dari hasil menurut ahli materi, memperoleh persentase sebesar 82,67 dalam kategori layak dan ahli media 76% dalam kategori layak. Sementara penilaian siswa sebagai penilai primer dalam ujicoba operasional mendapat nilai “sangat baik” sedangkan penilaian dari Guru Penjasorkes sebagai penilai sekunder dalam bentuk narasi mendapat respon positif dan layak produksi. Dengan demikian dapat dikatakan produk pengembangan video tutorial teknik dasar bola tangan untuk siswa SMAN 1 Imogiri layak digunakan dan diproduksi sebagai media pembelajaran di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:55
Last Modified: 11 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54292

Actions (login required)

View Item View Item