Pengaruh Self Efficacy dan Kebiasaan Belajar terhadap Komunikasi Matematik dan Prestasi Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri se Kabupaten Cilacap.

Anggraeni, Atrika (2017) Pengaruh Self Efficacy dan Kebiasaan Belajar terhadap Komunikasi Matematik dan Prestasi Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri se Kabupaten Cilacap. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-atrika-anggraeni-15709251064.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) self efficacy, kebiasaan belajar, komunikasi matematik dan prestasi belajar matematika kelas VII SMP (2) hubungan kausal baik langsung maupun tidak langsung antara self efficacy, kebiasaan belajar, komunikasi matematik dan prestasi belajar matematika kelas VII SMP. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan sampel penelitian sebanyak 366 siswa SMP Negeri di Kabupaten Cilacap, yang berasal dari 12 sekolah dengan tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah yang dilihat dari nilai UN. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan stratified proportional random sampling technique. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan komunikasi matematik terdiri dari 3 soal essay, tes prestasi belajar matematika terdiri 15 soal pilihan ganda, dan angket self efficacy serta kebiasaan belajar yang terdiri dari 20 item. Instrumen yang digunakan telah diuji validitas isi, validitas konstruk, dan uji reliabilitas. Validitas isi diperoleh melalui analisis rasional oleh dua orang ahli dan bukti validitas konstruk dilakukan dengan uji coba instrument dengan taraf signifikan 0,05. Analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi linier ganda dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) self efficacy siswa SMP berada pada katagori sedang, kebiasaan belajar berada pada katagori tinggi, komunikasi matematik pada katagori sedang dan prestasi belajar matematika pada katagori sedang.(2) self efficacy mempunyai pengaruh langsung terhadap komunikasi matematik sebesar 0,677 dan mempunyai pengaruh langsung terhadap prestasi belajar sebesar 0,128, sedangkan total pengaruh tidak langsung sebesar 0,086. Kebiasaan belajar mempunyai pengaruh langsung terhadap komunikasi matematik sebesar 0,115 dan mempunyai pengaruh langsung terhadap prestasi belajar sebesar 0,128, sedangkan total pengaruh tidak langsung sebesar 0,015. Komunikasi matematik mempunyai pengaruh langsung terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,521.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Self efficacy, kebiasaan belajar, komunikasi matematik dan prestasi belajar matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Dec 2017 01:56
Last Modified: 09 May 2019 08:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54291

Actions (login required)

View Item View Item