PENGARUH LATIHAN KIDS ATHLETICS TERHADAP KEMAMPUAN GERAK LEMPAR PADA SISWA KELAS V MI BENDILJATI WETAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

Rofi Uddin, Khoirur (2017) PENGARUH LATIHAN KIDS ATHLETICS TERHADAP KEMAMPUAN GERAK LEMPAR PADA SISWA KELAS V MI BENDILJATI WETAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi siap pdf.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya teknik gerak dasar lempar yang benar sehingga menyebabkan kemampuan gerak lempar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode latihan kids athletics terhadap kemampuan gerak dasar lempar siswa kelas V MI Bendiljati Wetan Kabupaten Tulungagung. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen design atau eksperimen semu, dengan one group pretest and posttest design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas V di MI Bendiljati Wetan Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan gerak lempar turbo. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji t (paired sample t-test). Hasil analisis data menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara metode latihan kids athletics terhadap kemampuan gerak lempar siswa kelas V MI Bendiljati Wetan Kabupaten Tulungagung. Hasil uji-t diperoleh nilai t hitung = 10,447 lebih besar dari t tabel (0,05)(30) = 2,042 pada taraf signifikansi 0,05%, maka terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kemampuan gerak lempar. Presentase peningkatan tersebut sebesar 29,12%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode latihan kids athletics terhadap kemampuan gerak lempar siswa kelas V MI Bendiljati Wetan Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan gerak lempar siswa, latihan, kids athletics
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:54
Last Modified: 30 Jan 2019 15:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54287

Actions (login required)

View Item View Item