PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN ONE ARM DRILL TIDAK MENGGUNAKAN FINS DAN PADDLE DENGAN MENGGUNAKAN FINS DAN PADDLE TERHADAP KECEPATAN RENANG 50 METER GAYA KUPU-KUPU KU IV & V DI KLUB DASH YOGYAKARTA

Dwi Puspita, Meiliana (2017) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN ONE ARM DRILL TIDAK MENGGUNAKAN FINS DAN PADDLE DENGAN MENGGUNAKAN FINS DAN PADDLE TERHADAP KECEPATAN RENANG 50 METER GAYA KUPU-KUPU KU IV & V DI KLUB DASH YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKIPSI MEILIANA Dp FIX.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan one arm drill tidak menggunakan fins dan paddle dengan menggunakan fins dan paddle terhadap kecepatan renang 50 meter gaya kupu-kupu, dan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan latihan one arm drill tidak menggunakan fins dan paddle dengan menggunakan fins dan paddle terhadap kecepatan renang 50 meter gaya kupu-kupu. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen. Teknik pengambilan datanya menggunakan tes kecepatan renang gaya kupu-kupu 50 meter. Subjek penelitian adalah KU IV & V klub Dash Yogyakarta yang berjumlah 15 orang dipilih dengan menggunakan teknik total sampling. Penelitian dilakukan di klub renang Dash Daerah Istimewah Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan statistika inferensial dengan uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian pada hipotesis 1) tidak menggunakan fins dan paddle diperoleh t hitung (-3,229) > t tabel (2,145), dan nilai p (0,003) < dari 0,05. Hasil hipotesis 2) menggunakan fins dan paddle diperoleh nilai t hitung (-5,666) > t tabel (2,145), dan nilai p (0,003) < dari 0,05. Hipotesis 3) diperoleh peningkatan pada latihan one arm drill tidak menggunakan fins dan paddle sebesar 1,20% sedangkan peningkatan menggunakan fins dan paddle sebesar 3,46%, Hasil tersebut dapat disimpulkan latihan menggunakan fins dan paddle lebih baik dibandingkan tidak menggunakan fins dan paddle terhadap kecepatan renang 50 meter gaya kupu-kupu KU IV & V klub Dash Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan, Latihan One Arm Drill, Fins dan Paddle, Kecepatan Renang 50 Meter, Gaya Kupu-Kupu
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:37
Last Modified: 30 Jan 2019 15:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54279

Actions (login required)

View Item View Item