Evaluasi Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Calon Tenaga Kerja Di UPT BLK Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo.

Fatniawati, Neneng (2017) Evaluasi Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Calon Tenaga Kerja Di UPT BLK Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-neneng fatniawati-15702251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan program Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Institusional dan PBK Non Institusional bagi calon tenaga kerja ditinjau dari aspek: (1) konteks, (2) input, (3) proses, dan (4) produk yang dilaksanakan oleh UPT BLK Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo. Penelitian evaluasi ini menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam (1986). Subjek penelitian sebanyak 64 peserta pelatihan, 4 instruktur, dan Kepala UPT BLK Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil evaluasi menunjukkan untuk setiap aspek CIPP sebagai berikut: (1) konteks untuk PBK institusional belum baik, PBK non institusional belum baik, dan PBK sudah baik; (2) input untuk PBK institusional baik, PBK non institusional belum baik, dan PBK kurang baik; (3) proses untuk PBK institusional baik, PBK non institusional belum baik, dan PBK belum baik; (4) produk untuk PBK institusional cenderung baik, PBK non institusional belum baik, dan PBK secara belum baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, Pelatihan Berbasis Kompetensi, Balai Latihan Kerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Dec 2017 07:18
Last Modified: 19 Aug 2022 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54276

Actions (login required)

View Item View Item