KEGIATANPRAKTIK PENGALAMAN KERJA(PPL)

Inayatul Lathifah, Inayatul Lathifah (2013) KEGIATANPRAKTIK PENGALAMAN KERJA(PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ALAT PENILAIAN KLS a dan b.doc

Download (54kB)
[img] Text
cover.doc

Download (135kB)
[img] Text
DOKUMEN HASIL KARYA ANAK.doc

Download (858kB)
[img] Text
isi laporan ifah.doc

Download (135kB)
[img] Text
Lampiran 2.doc

Download (41kB)
[img] Text
Laporan PPL individu - mesti.doc

Download (117kB)
[img] Text
MATRIKS INDIVIDU PROGRAM KERJA PPL ifah.doc

Download (142kB)
[img] Text
PENGESAHAN.doc

Download (38kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN kls a.doc

Download (54kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN kls b.doc

Download (67kB)
[img] Text
RKH kls A 02092013.doc

Download (47kB)
[img] Text
RKH kls A 21082013.doc

Download (53kB)
[img] Text
RKH kls A 28082013.doc

Download (48kB)
[img] Text
RKH kls B 24082013docx.docx

Download (20kB)
[img] Text
RKH kls B 29082013.doc

Download (47kB)
[img] Text
RKH kls B 31082013.doc

Download (39kB)
[img] Text
WEBBING TEMA KLS A.doc

Download (29kB)
[img] Text
WEBBING TEMA KLS B.doc

Download (31kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan wajib bagi mahasiswi yang menempuh program kependidikan untuk memperoleh gelar strata. Kegiatan PPL ini dilakukan selama dua bulan, terhitung mulai tanggal 09 juli sampai dengan 16 september 2013 di TK Diponegoro, Gesikan III, Wijirejo, Pandak, Bantul. Universitas mengadakan kegiatan ini dengan maksud menyiapkan mahasiswi-mahasiswinya untuk menjadi calon pendidik, disini khususnya adalah calon pendidik anak usia dini. Sebelum pelaksanaan kegiatan PPL, terlebih dahulu mahasiswi melaksanakan micro teaching dan real pupil, yang dimaksudkan agar mahasiswi lebih siap saat kegiatan PPL berlangsung. Banyak hal yang dipersiapakan pada kegiatan pembelajaran di kelas, hal yang perlu diperhatikan mulai dari kegiatan perencanaan, pembuatan RKH (rencana kegiatan harian), pembuatan media dan alat peraga, pelaksaan, sampai pada proses evaluasi pembelajaran. Dalam hal ini mahasiswi akan mengetahui perbandingan antara teori yang diperoleh selama perkuliahan dengan realitas yang ada di lapangan, yaitu kondisi di TK. Selama perkuliahan pada program studi pendidikan anak usia dini, mahasiswi banyak memperoleh teori mengenai anak usia dini, mulai dari tumbuh kembang anak, kurikulum, strategi belajar, evaluasi pembelajaran, dan masih banyak lainnya yang bermanfaat selama proses kegiatan PPL. Selama kegiatan PPL yang kami laksanakan di TK, mulai dari menjadi guru pendamping sampai pada pelaksanaan ujian PPL, kami mendapat banyak informasi, pengetahuan, pembelajaran, dan pengalaman. Dari perencanaan, kami belajar menyiapkan media yang sesuai dengan kriteria, seperti harus membawa benda-benda sebenarnya karena anak berada pada tahap operasional konkrit, atau jika tidak memungkinkan maka gambar atau tiruannya yang memiliki ukuran tidak terlalu kecil supaya anak bisa melihat dan memahami dengan jelas. Dari hal-hal kecil dan sederhana stimulasi perlu diperhatikan jika menjadi seorang guru demi dapat mendidik anak-anak sehingga mencapai tumbuh kembang optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Dec 2017 04:13
Last Modified: 01 Oct 2019 12:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54273

Actions (login required)

View Item View Item