KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN KERJA (PPL)

Fida Etrika Nugraha, Fida Etrika Nugraha (2013) KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN KERJA (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
COVER LPJ.docx

Download (103kB)
[img] Text
Pengesahan-BAB III.rtf

Download (2MB)
[img] Text
Foto Hasil Karya Anak.docx

Download (1MB)
[img] Text
MATRIKS.doc

Download (144kB)
[img] Text
RKH PPL.doc

Download (338kB)

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan bagi mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar mahasiswa sebagai calon guru mampu mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran mulai dari menyusun rencana pembelajaran, membuat media pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi,dan melaksanakan proses pembelajaran itu sendiri serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Melalui kegiatan ini pula, mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dalam perkuliahan serta belajar memilah-milah teori yang sesuai dengan kondisi lapangan. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan kurang lebih selama 2,5 bulan. Sebelum kegiatan PPL ini dilaksanakan mahasiswa harus menempuh praktek pembelajaran mikro terlebih dahulu agar dapat mengasah kemampuan dan kreativitas dalam mengajar. Sekolah tempat mahasiswa melakukan PPL adalah sekolah Taman Kanak-Kanak Diponegoro yang terletak di Dusun Gesikan, Wijirejo, Pandak, Bantul. TK Diponegoro merupakan TK yang menjadi tempat percontohan gempa pada tahun 2006 yang melanda kawasan Bnatul dan sekitarnya. TK memiliki tenaga pendidik yang kurang profesional dan kelengkapan fasilitas sarana dan prasarana juga kurang sehingga kami ditempatkan di TK Diponegoro untuk dapat membantu dalam mengembangkan pembelajaran maupun kegiatan lain yang mendukung. Mahasiswa mendapatkan bimbingan dari sekolah dengan baik serta diberikan kesempatan untuk mengembangkan ilmu dan mendapatkan banyak pengalaman selama kegiatan PPL. Kegiatan PPL dilaksanakan selama 8 kali, 6 kali dilakukan secara terbimbing, 2 kali secara mandiri atau ujian. Sebelum kegiatan dilaksanakan mahasiswa mendapatkan materi yang harus disampaikan dari guru kelas, kemudian mengembangkan kegiatan dan media serta kelengkapan lainnya dan menyusunnya ke dalam Rencana Kegiatan Harian (RKH). RKH yang telah disusun terlebih dahulu dikonsultasikan untuk mengetahui apakah ada perbaikan yang perlu dilakukan. Bila seluruh rencana kegiatan telah siap, mahasiswa mempersiapkan media dan alat peraga yang akan digunakan dalam pembelajaran. Media maupun alat peraga dibuat dalam ukuran besar (contoh) agar dapat dilihat oleh seluruh siswa dengan baik. Seluruh kegiatan dan media pembelajaran dibuat kreatif dan semenarik mungkin agar anak tertarik untuk belajar dan tidak cepat jenuh dalam proses pembelajaran. Dalam kegitan pembelajaran mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas dan mendapatkan bimbingan bila diperlukan. Evaluasi yang diberikan oleh tiap guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, mengajar, maupun penilaian terhadap peserta didik. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah. Semua pihak ikut mendukung pelaksanaan kegiatan ini sehingga mahasiswa menjadi semakin antusias dalam melaksanakannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Dec 2017 02:45
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54269

Actions (login required)

View Item View Item