LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN 2013 TK DIPONEGORO GESIKAN 3, WIJIREJO, PANDAK, BANTUL

Mumayzizah Miftahul Jannah, Mumayzizah Miftahul Jannah (2013) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN 2013 TK DIPONEGORO GESIKAN 3, WIJIREJO, PANDAK, BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
cover.doc

Download (135kB)
[img] Text
HASIL KARYA ANAK.doc

Download (999kB)
[img] Text
Lampiran 2.doc

Download (41kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.doc

Download (32kB)
[img] Text
LPJ PPL.docx

Download (40kB)
[img] Text
MATRIKS PPL.doc

Download (142kB)
[img] Text
RKH kls A 02092013.doc

Download (46kB)
[img] Text
RKH kls A 24082013.doc

Download (44kB)
[img] Text
RKH kls A 29082013.doc

Download (45kB)
[img] Text
RKH kls B 21082013.doc

Download (48kB)
[img] Text
RKH kls B 27082013.doc

Download (44kB)
[img] Text
RKH kls B 31082013.doc

Download (40kB)
[img] Text
RKH UJIAN A.doc

Download (122kB)
[img] Text
RKH UJIAN B.doc

Download (122kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini wajib dilaksanakan bagi mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan. Hal tersebut dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan semua ilmu yang telah dipelajari diperkuliahan, selain itu agar mahasiswa sebagai calon guru mampu mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran mulai dari menyusun rencana pembelajaran, membuat media pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi,dan melaksanakan proses pembelajaran itu sendiri serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan kurang lebih selama 2,5 bulan. Sebelum kegiatan PPL ini dilaksanakan mahasiswa harus menempuh praktek pembelajaran mikro terlebih dahulu agar dapat mengasah kemampuan dan kreativitas dalam mengajar. Sekolah tempat mahasiswa melakukan PPL adalah sekolah yang telah bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta khususnya PL PPL dan PKL LPPMP UNY yaitu di TK Diponegoro yang terletak di Pedukuhan Gesikan III Wijirejo, Pandak, Bantul, Yogyakarta. Tenaga pendidik di TK Diponegoro berjumlah empat guru dan tidak didukung dengan sarana prasarana yang memadai. Mahasiswa mendapatkan bimbingan dari sekolah dengan baik serta diberikan kesempatan untuk mengembangkan ilmu dan mendapatkan banyak pengalaman selama kegiatan PPL. Kegiatan PPL dilaksanakan selama 8 kali, 6 kali dilakukan secara terbimbing, 2 kali secara mandiri. Sebelum kegiatan dilaksanakan mahasiswa mendapatkan materi yang harus disampaikan dari guru kelas, kemudian mengembangkan kegiatan dan media serta kelengkapan lainnya dan menyusunnya ke dalam Rencana Kegiatan Harian (RKH). RKH yang telah disusun terlebih dahulu dikonsultasikan untuk mengetahui apakah ada perbaikan yang perlu dilakukan. Bila seluruh rencana kegiatan telah siap, mahasiswa mempersiapkan media dan alat peraga yang akan digunakan dalam pembelajaran. Dalam kegitan pembelajaran mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas dan mendapatkan bimbingan bila diperlukan. Evaluasi yang diberikan oleh tiap guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, megajar, maupun penilaian terhadap peserta didik. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Dec 2017 02:30
Last Modified: 01 Oct 2019 12:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54268

Actions (login required)

View Item View Item