PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MAN GODEAN PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS

Lestari, Oktavia Dwi and Suyoso, Suyoso (2017) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MAN GODEAN PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning yang layak digunakan peserta didik MAN Godean kelas X pada materi pokok momentum dan impuls 2) Mengetahui adanya peningkatan minat belajar peserta didik MAN Godean menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning. 3) Mengetahui adanya peningkatan hasil belajar ranah kognitif peserta didik MAN Godean menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian dilakukan di MAN Godean pada Juni 2017. Subjek penelitian terdiri atas 36 peserta didik kelas X MIA 1 dan 36 peserta didik X MIA 2 MAN Godean. Instrumen penelitian meliputi angket, lembar observasi, RPP, silabus, dan LKPD. Teknikanalisis data dalam penelitian ini digunakan untuk mengukur kelayakan, kualitas, dan reliabilitas perangkat pembelajaran. Kelayakan perangkat pembelajaran dianalisis dengan Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI). Kualitas perangkat pembelajaran dianalisis dengan kriteria penilaian ideal (KPI). Reliabilitas perangkat pembelajaran dianalisis dengan Interclass Correlation Coefficient (ICC). Interpretasidari ICC, yaitu Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan: 1) LKPD berbasisProblem Based Learning yang dikembangkanlayakdigunakanpesertadidik MAN Godeankelas X pada materi pokok momentum danimpuls, 2) Ada peningkatan minatbelajarpesertadidik MAN Godean menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning pada peserta didik X MIA 1 dan X MIA 2 yaitu berada pada kategori sedang, 3) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MIA 1 yaitu berada pada kategori tinggi, sedangkan hasil belajar kelas X MIA 2 berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Problem Based Learning, Minat dan Hasil Belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:30
Last Modified: 30 Jan 2019 15:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54264

Actions (login required)

View Item View Item