EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA

Kusumawati, Novia Perdana and Listyani, Endang (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
BAB AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKApdf.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pembelajaran melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan pendekatan Saintifik ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik sebanyak 6 kelas dengan total siswa 190 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VII E dengan 31 siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F dengan 31 siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan pendekatan saintifik sebagai kelas kontrol. Instrumen tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa dan instrumen non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah one sample t-test dan independent t-test (uji t). Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Pembelajaran melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik, (2) Pembelajaran melalui pendekatan Saintifik efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik, (3) Pembelajaran melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan Saintifik ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), pendekatan saintifik, kemampuan komunikasi matematis siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:31
Last Modified: 30 Jan 2019 15:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54262

Actions (login required)

View Item View Item