Kusumawati, Novia Perdana and Listyani, Endang (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
BAB AWAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (368kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKApdf.pdf Download (96kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pembelajaran melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan pendekatan Saintifik ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik sebanyak 6 kelas dengan total siswa 190 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VII E dengan 31 siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F dengan 31 siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan pendekatan saintifik sebagai kelas kontrol. Instrumen tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa dan instrumen non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah one sample t-test dan independent t-test (uji t). Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Pembelajaran melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik, (2) Pembelajaran melalui pendekatan Saintifik efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik, (3) Pembelajaran melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan Saintifik ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), pendekatan saintifik, kemampuan komunikasi matematis siswa |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 28 Dec 2017 03:31 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54262 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |