Pengembangan Buku Teks Membaca Pemahaman Berdasarkan Strategi Kegiatan Membaca-Berpikir Terarah Bagi Peserta Didik SMP Kelas VIII.

Noviana, Puspita Mega (2017) Pengembangan Buku Teks Membaca Pemahaman Berdasarkan Strategi Kegiatan Membaca-Berpikir Terarah Bagi Peserta Didik SMP Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-puspita-mega-noviana-15715251036.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengembangkan buku teks membaca pemahaman berdasarkan strategi Kegiatan Membaca-Berpikir Terarah untuk peserta didik SMP kelas VIII, (2) mengetahui kualitas buku teks membaca pemahaman berdasarkan strategi Kegiatan Membaca-Berpikir Terarah untuk peserta didik SMP kelas VIII, dan (3) mengetahui keefektifan buku teks membaca pemahaman berdasarkan strategi Kegiatan Membaca-Berpikir Terarah untuk peserta didik SMP kelas VIII. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang meliputi: (1) desain pengembangan penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, dan (4) uji coba produk dan revisi. Subelum uji coba, buku teks hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi, ahli desain grafis buku teks, dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Uji coba terbatas dilakukan di SMP Negeri 1 Yogyakarta, sedangkan uji lapangan utama dilakukan di SMP Negeri 1 Yogyakarta dan SMP Negeri 5 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data wawancara dalam tahap pengumpulan informasi awal menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Data angket dianalisis menggunakan konversi skor skala lima. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t untuk menentukan keefektifan penggunaan produk pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks membaca pemahaman berdasarkan strategi Kegiatan Membaca-Berpikir Terarah ditinjau dari aspek materi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan menurut ahli materi, ahli desain grafis, praktisi, dan peserta didik berkategori “baik” dengan persentase kualitas 80.18% dari perolehan jumlah skor. Hasil analisis uji-t data tes akhir kemampuan membaca pemahaman antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen pada uji terbatas dan uji lapangan utama menunjukkan terdapat perbedaan signifikan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelompok eksperimen yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan buku teks membaca pemahaman berdasarkan strategi Kegiatan Membaca-Berpikir Terarah dan kelompok kontrol yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan buku teks membaca pemahaman berdasarkan strategi Kegiatan Membaca-Berpikir Terarah. Nilai signifikansi tes akhir pada uji coba terbatas yaitu 0.011 (t = 2.620) dan pada uji coba lapangan utama yaitu 0.000 (t = 4.259). Selain itu, penghitungan gain score tes awal dan tes akhir membaca pemahaman peserta didik kelompok eksperimen lebih besar daripada gain score tes awal dan tes akhir membaca pemahaman peserta didik kelompok kontrol. Gain score pada uji coba terbatas 10.76 > 6.82 dan pada uji coba lapangan utama 17.42 > 8.75.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku teks, membaca pemahaman, strategi kegiatan membaca-berpikir Terarah
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Dec 2017 02:46
Last Modified: 09 May 2019 08:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54261

Actions (login required)

View Item View Item