Efektivitas Program Diklat In On In untuk Meningkatkan Kinerja Guru SMK di Kabupaten Klaten.

Salsabila, Afida (2017) Efektivitas Program Diklat In On In untuk Meningkatkan Kinerja Guru SMK di Kabupaten Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-afida salsabila-15703251018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tanggapan peserta terhadap program diklat; (2) proses pembelajaran peserta setelah mengikuti program diklat; (3) perilaku peserta setelah mengikuti program diklat; (4) hasil pelaksanaan program diklat; (5) besarnya pengaruh reaction terhadap learning; (6) besarnya pengaruh learning terhadap behavior; (7) besarnya pengaruh behavior terhadap result dan; (8) besarnya pengaruh reaction dan learning secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan metode campuran, dan desain the explanatory sequential design. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model evaluasi Kirkpatrick empat level yaitu reaction, learning, behavior, dan result. Sampel dalam penelitian ini adalah guru SMK yang terdaftar dalam kluster 2 berjumlah 120 peserta yang diambil secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, studi dokumen dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) reaction mendapatkan nilai 79.8% dari yang diharapkan. Para peserta mendukung program diklat ini karena mereka memang membutuhkan banyak materi tentang Kurikulum 2013; (2) learning mendapatkan nilai sebesar 81.4% dari yang diharapkan. Para peserta aktif hadir dan mengajukan pertanyaan apabila masih terdapat materi yang belum dimengerti. Namun, para peserta masih belum puas dengan kemampuan instruktur kluster yang belum maksimal dalam menyampaikan materi; (3) behavior mendapatkan nilai sebesar 81.6% dari yang diharapkan. Para peserta sudah lebih paham dengan cara pembuatan RPP dan metode mengajar yang lebih bervariasi, namun belum mengerti cara penilaian peserta didik; (4) result mendapatkan nilai sebesar 78.6% dari yang diharapkan. Program diklat ini sudah dapat dikatakan efektif, namun masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki lagi; (5) reaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap learning sebesar 30.5%; (6) learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavior sebesar 57.4%; (7) behavior berpengaruh positif dan signifikan terhadap result sebesar 39.8% dan; (8) reaction dan learning berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 19,9%

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, reaction, learning, behavior, result
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Dec 2017 07:26
Last Modified: 22 Oct 2021 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54257

Actions (login required)

View Item View Item