Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Supervisi Akademik dan Iklim Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Ekonomi SMA Negeri di Kota Palembang.

Sulastri, Sulastri (2017) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Supervisi Akademik dan Iklim Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Ekonomi SMA Negeri di Kota Palembang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sulastri-15719251014.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan, supervisi akademik dan iklim sekolah secara sendiri maupun bersama- sama terhadap kompetensi guru ekonomi SMA Negeri di Kota Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru ekonomi SMA Negeri di Kota Palembang sebanyak 50 orang. Semua anggota populasi dijadikan sebagai responden, sehingga penelitian ini merupakan penelitian sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) latar belakang pendidikan, supervisi akademik dan iklim sekolah secara sendiri berpengaruh positif tehadap kompetensi guru ekonomi dengan nilai masing-masing (r2 =0,134), (r2 = 0,558), dan (r2 = 0,718), (2) latar belakang pendidikan, supervisi akademik dan iklim sekolah secara bersama- sama berpengaruh positif tehadap kompetensi guru sebesar (r2 = 0,551). Sumbangan variabel latar belakang pendidikan, supervisi akademik, dan iklim sekolah terhadap kompetensi guru sebesar 55,09%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: latar belakang pendidikan, supervisi akademik, iklim sekolah dan kompetensi guru
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Dec 2017 07:08
Last Modified: 09 May 2019 08:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54256

Actions (login required)

View Item View Item