Pengaruh Strategi Self Regulated Learning (SRL) terhadap Metakognitif, Motivasi dan Self Efficacy Siswa pada Materi Ekosistem di SMA Negeri2 Wonosari Gunung Kidul.

Rohma, Titik (2017) Pengaruh Strategi Self Regulated Learning (SRL) terhadap Metakognitif, Motivasi dan Self Efficacy Siswa pada Materi Ekosistem di SMA Negeri2 Wonosari Gunung Kidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-titik-rohma-15725251036.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh strategi self regulated learning terhadap metakognitif, motivasi dan self efficacy siswa di SMA Negeri 2 Wonosari dan (2) Hubungan antara metakognitif, motivasi, dan self efficacy siswa di SMA Negeri 2 Wonosari pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non- equivalent pretest postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Wonosari. Sampel peneitian ini adalah 60 siswa yang terbagi di kelas X IPA3 sebagai kelompok yang di treatmen meggunakan startegi SRL dan kelas X IPA1 sebagai kelompok control menggunakan model belajar konvensional. Data metakognitif siswa di kumpulkan dengan menggunakan angket metakognititf dan soal uraian. Data motivasi dan self efficacy siswa dikumpulkan dengan angket motivasi dan self efficcay skala likert. Data penelitian dianalisis menggunakan MANOVA dan Uji korelasi Pearson. Kesimpulan yang dihasilkan pada penelitian ini adalah (1) Strategi Self Regulated Learning berpengaruh signifikan terhadap metakognitif, motivasi dan self efficacy siswa kelas X SMA Negeri 2 Wonosari pada materi ekosistem, (2) Terdapat hubungan antara metakognitif, motivasi dan self efficacy siswa di SMA Negeri 2 Wonosari. Saran dari peneliti adalah, alokasi waktu sebaiknya ditambah dan proses pembelajaran menggunakan lebih dari satu materi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning, Metakognitif, Motivasi, Self Efficacy
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Dec 2017 01:41
Last Modified: 09 May 2019 08:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54248

Actions (login required)

View Item View Item