PENGEMBANGAN GAME EDUKASI 3D “FINDING TREASURE” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER UNTUK SISWA KELAS X TKJ SMK NEGERI 1 NGAWEN

Siti, Mahmudah (2017) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI 3D “FINDING TREASURE” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER UNTUK SISWA KELAS X TKJ SMK NEGERI 1 NGAWEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
11520241013-Siti Mahmudah-Skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan game edukasi 3D Finding Treasure sebagai media pembelajaran Perakitan Komputer untuk kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Ngawen. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan multimedia Lee dan Owens melalui 5 tahapan yaitu, Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan subjek penelitian siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Ngawen . Hasil penelitian ini adalah: (1) Game edukasi Finding Treasure merupakan game pengenalan perangkat keras dan simulasi merakit komputer menggunakan Software Unity (2) Pengujian ahli media untuk menilai kualitas kelayakam game didapatkan hasil sangat layak untuk semua aspek dengan persentase kelayakan 98%. Penilaian materi didapatkan hasil layak dengan persentase kelayakan 80%. Tahap implementasi pada peserta didik mendapatkan hasil layak dengan persentase kelayakan 73,85%. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa game edukasi Finding Treasure ini layak digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Ngawen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, game edukasi, Research and Development
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 28 Dec 2017 02:01
Last Modified: 28 Dec 2017 02:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54234

Actions (login required)

View Item View Item