Pengembangan Bank Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dengan Tampilan Multimedia untuk Penilaian Berbasis Computerized Adaptive Testing.

Suhardi, Iwan (2017) Pengembangan Bank Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dengan Tampilan Multimedia untuk Penilaian Berbasis Computerized Adaptive Testing. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-iwan-suhadi-08701261001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: (1) bank soal mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dengan tampilan multimedia (teks, gambar, suara, dan video) yang dirancang untuk keperluan Computerized Adaptive Testing (CAT), (2) program Computerized Based Testing (CBT) yang sesuai dengan tampilan multimedia untuk mendukung pengembangan CAT, (3) program CAT Murni dengan tampilan multimedia yang sesuai untuk tujuan mengukur kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia di SLTA, dan (4) program CAT Advanced dan CAT Terkendala Konten yang dikembangkan untuk menurunkan tingkat item exposure dan mendukung pengaturan keseimbangan konten materi yang diujikan. Studi ini berjenis penelitian dan pengembangan (research and development, R&D), yang secara berurutan dan saling mendasari, mengembangkan produk-produk bank soal mata pelajaran bahasa Indonesia, program CBT, dan program CAT. Validasi penelitian ini bersifat Delphi dengan melibatkan tujuh pakar di bidang pendidikan bahasa Indonesia, penelitian dan pengukuran, serta pemrograman CBT dan CAT. Studi ini juga melibatkan guru-guru bahasa Indonesia, operator Laboratorium Komputer, serta siswa-siswa di Kabupaten Boyolali tempat sekolah yang bersangkutan telah mengimplementasikan Kurikulum 2013. Siswa-siswa yang dilibatkan dalam uji coba skala luas untuk program CBT berjumlah 2.400 siswa, sedangkan untuk program CAT melibatkan 60 siswa. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) delapan paket bank soal mata pelajaran bahasa Indonesia di SLTA yang secara kualitas dan kuantitas cukup memadai untuk keperluan program CAT yang dikembangkan, (2) program CBT yang dikembangkan mempunyai karakteristik dan spesifikasi teknis dengan kategori bagus dan secara fungsional telah mampu mendukung program CAT, (3) program CAT Murni yang dikembangkan mampu mengestimasi tingkat kemampuan peserta tes dengan menampilkan butir soal berbasis multimedia secara adaptif, dan (4) kekurangan program CAT Murni telah disempurnakan pada program CAT Advanced dan CAT Terkendala Konten. Program CAT Advanced mampu menurunkan tingkat item exposure dengan menambahkan prosedur faktor waktu respon jawaban dan prosedur randomisasi dengan prinsip 5 - 4 - 3 - 2 - 1 sehingga mampu memberikan alternatif pilihan butir soal yang jauh lebih bervariasi untuk dipilih sebagai butir soal yang muncul berikutnya. Program CAT Terkendala Konten yang dikembangkan mampu memberikan kendali konten atas butir-butir soal yang akan ditampilkan. CAT Terkendala Jenis Media mampu memberi kendali atas jenis media butir soal. CAT Terkendala Waktu Semester mampu memberi kendali atas jenis waktu semester butir soal, dan CAT Terkendala Kompetensi Bahasa mampu memberi kendali atas kompetensi bahasa butir soal.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Bank soal pelajaran Bahasa Indonesia, CBT, CAT
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Dec 2017 01:58
Last Modified: 20 Jun 2022 03:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54233

Actions (login required)

View Item View Item