LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Nur Hikmah, Isfi Laili (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13413241001_ISFI LAILI N.H_P.SOSIOLOGI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PPL adalah praktik pengalaman lapangan merupakan suatu kegiatan aplikatif yang dilakukan oleh mahasiswa ke sekolah langsung. Dengan kegiatan ini maka mahasiswa dapat mengasah keterampilannya dan kompetensinya sebagai calon pendidik yang baik. Di bangku perkuliahan didapatkan ilmu sebagai bekal menjadi pendidik yang baik sehingga tujuan dari kegiatan ini adalah mengasah keterampilan mahasiswa dan kompetensinya baik kompetensi kepribadian ,pedagogik,profesional,dan sosial serta dapat mengasah keterampilan mahasiswa dalam mengajar dan melakukan pembelajaran yang baik khususnya pembelajaran kimia. Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini dilakukan di SMA N 1Jetis ini dilakukan sekitar kurang lebih 2 bulan dimulai dari tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016. Dalam kegiatan PPL ini, terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik kegiatan sekolah. Kegiatan praktik mengajar di kelas berupa praktik langsung mengajar di kelas dengan dibimbing oleh Guru Pembimbing yaitu Ibu Sri Sudewi, S.Sos., M.Pd. tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas XI IIS 2 dan XII IIS 3. Sementara kegiatan praktik persekolahan dimaksudkan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar belajar mengajar. Kegiatan ini meliputi piket guru, piket perpustakaan, serta piket UKS. Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 30 kali pertemuan di kelas dan melakukan kegiatan praktik persekolahan maka didapatkan hasil bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam mengajar pembelajaran sosiologi dalam kelas yang berjalan sesuai dengan RPP. Hambatan yang ada dapat dipecahkan berkat beberapa bantuan dari Guru pembimbing dan DPL Pembimbing Lapangan sehingga kegiatan PPL dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang banyak untuk mahasiswa calon pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: mahasiswa, PPL, Praktik Mengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2017 02:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54225

Actions (login required)

View Item View Item