Pengembangan model pembelajaran Program Kebutuhan Khusus pada sekolah integratif sebagai persiapan menuju sekolah inklusif di DIY.

Suparno, Wiji (2017) Pengembangan model pembelajaran Program Kebutuhan Khusus pada sekolah integratif sebagai persiapan menuju sekolah inklusif di DIY. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-wiji suparno-05701261018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56MB)

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian disertasi ini adalah untuk mengembangkan model Program Kebutuhan Khusus bagi siswa-siswa berkebutuhan khusus pada sekolah integratif sebagai persiapan menuju sekolah inklusif di DIY. Secara konseptual dan prosedural, model pengembangan yang digunakan sebagai kajian pada kegiatan penelitian dan pengembangan ini merujuk pada sepuluh langkah Research and Development (R and D) yang dikembangkan Borg dan Gall. Subyek coba dalam penelitian dan pengembangan ini mengikuti kajian yang dilakukan Borg dan Gall (1983:775), yakni dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama sebagai uji coba pendahuluan (preliminary field testing) ditetapkan pada 15 SD Integratif sebagai subjek coba, Tahap kedua sebagai uji coba utama (main field testing) dengan subjek coba pada 25 SD integratif; Tahap ketiga dikatakan sebagai uji coba operasional (operational field testing) yang diterapkan pada 50 SD integratif yang dipersiapkan menuju SD inklusif di DIY. Metode pengambilan sampelnya dengan proportional random sampling technique. Adapun sebagai respondennya adalah: siswa berkebutuhan khusus: tunanetra, tunarungu wicara, tunagrahita, tunadaksa, dan tunalaras, orang tua siswa anak berkebutuhan khusus, kepala sekolah SD integratif, guru kelas, serta guru pembimbing khusus (GPK). Metode pengumpulan data melalui the Trianggulation methods dengan instrument pengumpul datanya menggunakan kuesioner, pedoman wawancara, dan pedoman pengamatan, Adapun untuk teknik analisis datanya menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model Program Kebutuhan Khusus pada sekolah integratif sebagai persiapan menuju sekolah inklusif di DIY yang telah berhasil dikembangkan dapat dinilai sebagi model yang cukup baik. Implementasi model Program Kebutuhan Khusus ini mampu meningkatkan kemandirian hidup sehari-hari di rumah bagi anak-anak berkebutuhan khusus siswa SD integratif, sehingga akan mampu memacu terwujudnya sekolah dasar inklusif di DIY. Disarankan untuk dapat melakaukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut tentang model Program Kebutuhan Khusus bagi anak-anak berkebutuhan khusus siswa SD integratif untuk ketunaan yang lain, misalnya untuk siswa autis, tunaganda atau double handicaped.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Program Kebutuhan Khusus, Sekolah integratif, Sekolah inklusif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Dec 2017 02:18
Last Modified: 20 Jun 2022 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54219

Actions (login required)

View Item View Item