IDENTIFIKASI PERILAKU BULLYING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR

Suhariyanti, Mela (2017) IDENTIFIKASI PERILAKU BULLYING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI mela suhariyanti-13604221006.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih maraknya perilaku bullying yang ada di sekolah terutama dalam proses pembelajaran Penjas yang dilakukan oleh siswa, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying yang sering terjadi dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar menurut versi korban perilaku bullying. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan purposive samping, yaitu guru Pendidikan Jasmani dan siswa yang sering menjadi korban atau sasaran bullying (siswa-siswi kelas IV). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi partisipatif bersifat pasif, wawancara semistuktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji crediability dan dependability. Uji credibility dengan melakukan triangulasi sumber dan teknik, bahan referensi dan diskusi teman sejawat, sedangkan uji dependability dengan melakukan bimbingan kepada dosen pembimbing. Hasil penelitian menunjukan bahwa benar adanya perilaku bullying dalam pembelajaran Penjas di Sekolah Dasar. Bentuk bullying yang sering dilakukan dilakukan siswa dalam pembelajaran penjas yaitu bullying fisik (memukul kepala, lengan dan punggung, mendorong, mencubit, menjambak, menginjak kaki saat sepatu temannya baru, dan menjegal kaki), bullying verbal (menjuluki, mengolok olok, memaki, dan menghina) dan bullying psikologi (mendiamkan, memelototi, mengancam dan adanya pengucilan yang dilakukan terhadap dua orang yaitu K dan P). Bentuk-bentuk bullying tersebut dikategorikan masih dalam perilaku bullying yang ringan karena dampak yang ditimbulkan tidak mengarah pada perilaku yang membahayakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: siswa, bentuk bullying, penjas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 15:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54217

Actions (login required)

View Item View Item