Kristanti, Kristanti and Murdanu, Murdanu (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN MATEMATIKA YANG BERKAITAN DENGAN TEOREMA PYTHAGORAS. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (274kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
|
|
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (98kB) | Preview |
|
![]() |
Text
8. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
![]() |
Text
Abstrak.docx Download (30kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis dan letak kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sleman dalam menyelesaikan persoalan matematika yang berkaitan dengan teorema Pythagoras, dan (2) faktorfaktor penyebab kesalahan dari diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini, ditetapkan 10 siswa sebagai subjek penelitian yang ditentukan berdasarkan hasil ulangan tengah semester dan hasil tes diagnostik. Data kualitatif dikumpulkan dengan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini antara lain: (1) dalam penguasaan konsep, siswa mengalami kesalahan dalam mendefiniskan konsep, mengidentifikasi contoh dan bukan contoh, menggunakan gambar untuk merepresentasikan konsep, dan mengenali kondisi (syarat) yang ditentukan suatu konsep; (2) dalam pengusaan prinsip, siswa mengalami kesalahan dalam memberikan alasan pada langkahlangkah penggunaan prinsip, menggunakan prinsip secara benar dan tepat, dan mengenali prinsip yang benar dan tidak benar; (3) siswa mengalami kesalahan perhitungan dalam menentukan hasil kuadrat suatu bilangan dan penarikan hasil akar suatu bilangan yang dikategorikan kedalam computation fact; (4) faktor-faktor penyebab kesalahan dari diri siswa yaitu minat belajar, kebiasaan belajar, dan sikap belajar. Faktor penyebab yang mempunyai pengaruh lebih besar yaitu kebiasaan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | studi kasus, kesalahan siswa, teorema Pythagoras |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 03:29 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54188 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |