ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN MATEMATIKA YANG BERKAITAN DENGAN TEOREMA PYTHAGORAS

Kristanti, Kristanti and Murdanu, Murdanu (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN MATEMATIKA YANG BERKAITAN DENGAN TEOREMA PYTHAGORAS. S1 thesis, UNY.

[img] Text
1. Cover.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
8. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis dan letak kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sleman dalam menyelesaikan persoalan matematika yang berkaitan dengan teorema Pythagoras, dan (2) faktorfaktor penyebab kesalahan dari diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini, ditetapkan 10 siswa sebagai subjek penelitian yang ditentukan berdasarkan hasil ulangan tengah semester dan hasil tes diagnostik. Data kualitatif dikumpulkan dengan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini antara lain: (1) dalam penguasaan konsep, siswa mengalami kesalahan dalam mendefiniskan konsep, mengidentifikasi contoh dan bukan contoh, menggunakan gambar untuk merepresentasikan konsep, dan mengenali kondisi (syarat) yang ditentukan suatu konsep; (2) dalam pengusaan prinsip, siswa mengalami kesalahan dalam memberikan alasan pada langkahlangkah penggunaan prinsip, menggunakan prinsip secara benar dan tepat, dan mengenali prinsip yang benar dan tidak benar; (3) siswa mengalami kesalahan perhitungan dalam menentukan hasil kuadrat suatu bilangan dan penarikan hasil akar suatu bilangan yang dikategorikan kedalam computation fact; (4) faktor-faktor penyebab kesalahan dari diri siswa yaitu minat belajar, kebiasaan belajar, dan sikap belajar. Faktor penyebab yang mempunyai pengaruh lebih besar yaitu kebiasaan belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: studi kasus, kesalahan siswa, teorema Pythagoras
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 20 Dec 2017 03:29
Last Modified: 30 Jan 2019 15:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54188

Actions (login required)

View Item View Item