KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP KELAS VIII

Imtikhanah, Nurul and Tuharto, Tuharto (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
pendahuluan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMP kelas VIII. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII; (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII; (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) jika dibandingkan dengan model pembelajaran saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan design Pretest-Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Depok, Sleman dengan sample penelitian adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII D yang dipilih secara acak. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk soal uraian serta lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII; (2) model pembelajaran ekspositori efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII; (3) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII. Penarikan kesimpulan data analisis menggunakan uji one sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share (TPS), kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 20 Dec 2017 03:28
Last Modified: 30 Jan 2019 15:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54187

Actions (login required)

View Item View Item