Imtikhanah, Nurul and Tuharto, Tuharto (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNY.
Text
ABSTRAK.docx Download (14kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (399kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
Text
pendahuluan.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMP kelas VIII. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII; (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII; (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) jika dibandingkan dengan model pembelajaran saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan design Pretest-Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Depok, Sleman dengan sample penelitian adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII D yang dipilih secara acak. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk soal uraian serta lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII; (2) model pembelajaran ekspositori efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII; (3) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII. Penarikan kesimpulan data analisis menggunakan uji one sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share (TPS), kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 03:28 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54187 |
Actions (login required)
View Item |