Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer dengan Fitur Mind Map untuk Siswa Kelas X SMK

Haq, Moh Zainul (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer dengan Fitur Mind Map untuk Siswa Kelas X SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-moh-zainul-haq-15720251017.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran perakitan komputer dengan fitur mind map. (2) Melakukan penerapan media pembelajaran dengan quasi eksperimen untuk mengetahui tingkat efektivitas media. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah metode yang diadaptasi dari Alessi dan Trollip, yang meliputi tahap: (1) Perencanaan, (2) Desain, (3) Pengembangan. Tempat dilaksanakannya penelitian yaitu SMK Negeri 1 Bayan, subjek penelitian adalah 24 siswa kelas X SMK yaitu dibagi menjadi 3 siswa untuk beta testing dan 21 siswa pada uji efektivitas media, Teknik yang dilakukan meliputi observasi dan wawancara pada guru mata pelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini berupa angket, angket tersebut akan diberikan kepada ahli media, ahli materi dan siswa. Angket ini digunakan untuk mengukur media yang dikembangkan. Angket yang digunakan adalah angket tertutup. Angket ini dikembangkan menggunakan rating scale dengan interval jawaban 1 sampai 4. Teknik analisis data meliputi teknik kualitatif yang dihasilkan dari tanggapan ahli materi, ahli media tentang produk. Teknik kuantitatif yang dihasilkan dari nilai angket dan quasi eksperimen. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka didapatkan hasil persentase dari alpha testing yang meliputi ahli media 92.86%, ahli materi 91.67%, beta testing 82.69% dengan interpretasi kelayakan “sangat valid” dari batas minimal persentase validitas 75.01%. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran perakitan komputer dengan fitur mind map untuk siswa kelas X SMK ini terbukti dapat melatih kemampuan siswa dalam mengulang informasi yang telah dipelajari, dibuktikan dengan hasil uji efektivitas media yaitu terdapat perbedaan rata-rata nilai sebelum dan setelah media diterapkan dalam pembelajaran. Rata–rata nilai siswa setelah media diterapkan lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, mind map, efektivitas
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Dec 2017 02:46
Last Modified: 09 May 2019 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54173

Actions (login required)

View Item View Item