PENGARUH MEDIA DIGITAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELAS DENGAN PROSES LAS BUSUR METAL MANUAL DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO

Supranowo (2011) PENGARUH MEDIA DIGITAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELAS DENGAN PROSES LAS BUSUR METAL MANUAL DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
THE_INFLUENCE_OF_DIGITAL_MEDIA_ON_THE_STUDENTS�%80%99_ACADEMIC_PERFORMANCE_OF_WELDING_COMPETENCE_STANDARD_ON_MANUAL_METAL_ARC_WELDING_PROCESS_IN_SMK_N_2_PENGASIH_KULON_PROGO.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui prestasi belajar siswa sebelum dilaksanakan proses pembelajaran dengan Media Digital program Adobe Professional Flash CS3, (2) mengetahui prestasi belajar siswa setelah dilaksanakan proses pembelajaran dengan Media Digital program Adobe Professional Flash CS3, (3) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diberi perlakuan dengan Media Digital program Adobe Professional Flash CS3, (4) mengetahui pengaruh Media Digital program Adobe Professional Flash CS3 terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang termasuk dalam kuasi eksperimen dengan desain Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design dan merupakan penelitian populasi yang meliputi kelas II MP1 sebagai kelompok eksperimen dan II MP2 sebagai kelompok kontrol yang terdiri dari 31 dan 32 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Validasi instrumen yang digunakan adalah Face Validity yang dikonsultasikan oleh orang yang ahli dibidangnya (Expert Judgment). Analisis reliabilitas menggunakan reliabilitas internal belah dua dengan menggunakan metode Spearman Brown. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan Persentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) prestasi belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sebelum dilaksanakan proses pembelajaran dengan Media Digital program Adobe Professional Flash CS3, yaitu 40.2 dan 42.8 dari total nilai maksimum 100, (2) prestasi belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah dilaksanakan proses pembelajaran dengan Media Digital program Adobe Professional Flash CS3 adalah 87.7 dan 70.3 dari total nilai maksimum 100, (3) Terdapat peningkatan prestasi belajar yang lebih besar pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol setelah dilaksanakan proses pembelajaran dengan Media Digital program Adobe Professional Flash CS3, pada kelompok eksperimen terjadi peningkatan 118.41% sedangkan kelompok kontrol terjadi peningkatan 64.64%, (4) terdapat pengaruh yang lebih baik dengan menggunakan Media Digital program Adobe Professional Flash CS3 dibanding dengan media konvensional terhadap prestasi belajar siswa. Pada kelompok yang diberi Media Digital program Adobe Professional Flash CS3 terdapat peningkatan nilai prestasi belajar 118.41% atau memiliki kenaikan nilai prestasi sebesar 47.5, sedangkan pada kelompok yang pembelajarannya menggunakan media konvensional selisih nilai prestasi belajarnya sebesar 27.5 atau memiliki peningkatan sebesar 64.64%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5413

Actions (login required)

View Item View Item